Warga Teriak Macet Simpang Santa Ditutup, Irjen Karyoto Bilang Malah Bikin Lancar

Kemacetan akibat simpang Lampu Merah Santa Kebayoran Baru arah Tendean ditutup
Sumber :
  • VIVA/Zendy Pradana

VIVA Metro – Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi Karyoto malah mengklaim kalau rekayasa yang dilakukan di persimpangan Lampu Merah Santa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, berhasil mengurai kemacetan bukan malah membuat macet kawasan tersebut.

Urai Kemacetan Perlintasan KA di Poris, Pemkot Tangerang Bangun Dua U-Turn

"Kemarin sudah selesai, saya turun langsung (mengecek) lumayan bagus," kata dia kepada wartawan, Senin 17 April 2023.

Temuan Survei Indikator: Publik Puas Kinerja Polri Selama Mudik Lebaran 2024

Soal kritik dari pengendara soal ujicoba penutupan u-turn di sana, dia menyebut kritik adalah hal biasa asal ada alasan jelas. Pihaknya bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berkoordinasi melakukan rekayasa lalu lintas untuk mengatasi masalah kemacetan yang terjadi di sana.

"Kalau disitu tidak direkayasa pada jam-jam tertentu ada penumpukan dari tiga arah. Dari jalan Wijaya numpuk, dari Jalan Buncit numpuk juga dan dari Senopati numpuk," kata dia.

Banyak yang Belum Tahu, Ini Arti Garis Marka Jalan Berwarna Kuning dan Putih

Dirinya menambahkan, regulasi buka tutup u-turn di beberapa ruas jalan masih bersifat ujicoba. Pihaknya bakal mengevaluasi hal itu guna mengatasi masalah kemacetan Ibu Kota.

"Para Kasatwil saya wajibkan evaluasi mana yang bisa membuat jarak tempuh lebih cepat. Kerapihan dan arti ketertiban, yang jadi masalah sebenarnya crossing crossing. Kita lihat nanti para Kasatwil lapor ke Dirlantas," kata dia lagi.

Kemacetan akibat simpang Lampu Merah Santa Kebayoran Baru arah Tendean ditutup

Photo :
  • VIVA/Zendy Pradana

Sebelumnya, kemacetan di lampu merah Santa atau persimpangan Jalan Wijaya 1, Jalan Wolter Monginsidi, dan Jalan Suryo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan masih terjadi hingga Jumat 14 April 2023 siang ini. Sejumlah pengendara pun mengeluhkan kemacetan pada Jumat ini.

Diketahui penyebab kemacetan di persimpangan Lampu Merah Santa itu terjadi akibat adanya penutupan jalan tersebut. Yang semestinya dari lampu merah Jalan Wijaya 1 bisa langsung menuju Jalan Kapten Tendean kini para pengendara diarahkan melalui Jalan Suryo terlebih dahulu.

Salah satu pengendara pun turut menyuarakan peristiwa pagi hingga siang ini di Jalan Wijaya I itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya