Kebakaran Pabrik Cat di Penjaringan, Material Sulit Dipadamkan dan Terkendala Akses Air

Kebakaran besar menghanguskan sebuah pabrik produksi cat yang berlokasi di Jalan Terusan Bandengan, Pejagalan, Penjaringan, Jakarta Utara pada Senin 8 Mei 2023.
Sumber :
  • VIVA/Andrew Tito.

VIVA Metro – Kebakaran besar menghanguskan sebuah pabrik produksi cat yang berlokasi di Jalan Terusan Bandengan, Pejagalan, Penjaringan, Jakarta Utara pada Senin 8 Mei 2023. Kebakaran hingga kini masih belum padam total, dan masih proses pendinginan walau sudah berlangsung selama hampir 4 jam.

BYD Akhirnya Punya Lahan 108 Hektar untuk Pabrik di Indonesia

Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Keselamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta, Satriadi, mengatakan kejadian kebakaran yang terjadi pada pukul 14.02 WIB, masih terlihat ada api dan asap hitam. Satriadi mengatakan ada beberapa kendala yang membuat pihaknya kesulitan, dan memperlama proses pemadaman Kebakaran tersebut.

"Kendala yang dihadapi memang sumber air. Tapi saat ini sudah terpenuhi. Jadi, pola penyerangannya sudah kita lokalisir," ujar Satriadi dalam keterangannya dikonfirmasi, Senin 8 Mei 2023.

Kapal KM Bukit Raya Terbakar, Ribuan Calon Penumpang Gagal Berangkat ke Surabaya

Kebakaran besar menghanguskan sebuah pabrik produksi cat yang berlokasi di Jalan Terusan Bandengan, Pejagalan, Penjaringan, Jakarta Utara pada Senin 8 Mei 2023.

Photo :
  • VIVA/Andrew Tito.

Satriadi mengatakan selain sulitnya sumber air untuk pemadaman, adanya material pabrik yang mempersulit proses pemadaman, yakni adanya gudang Tinner.

KM Bukit Raya Terbakar di Muara Sungai Kapuas, Penumpang Panik Berjibaku Padamkan Api

"Betul. Jadi, bahan material yang terbakar ini sulit dipadamkan. Karena yang kita ketahui bahwa material cat itu banyak bahan kimia seperti tiner dan bahan lain," ujarnya.

Satriadi mengaku pihaknya masih menyelidiki penyebab pasti terjadinya kebakaran pabrik cat tersebut.

Dalam penanggulangan kebakaran pabrik cat tersebut, Satriadi mengatakan pihaknya menerjunkan sebanyak 35 unit mobil pemadam kebakaran dengan 150 personel ke lokasi kejadian.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya