Tak Hanya Karyawan, Masyarakat Umum Bisa Naik Transjakarta ke Bandara Soetta

Ilustrasi Bus TransJakarta
Sumber :
  • Fajar GM - VIVA.co.id

Jakarta - PT Transportasi Jakarta atau Transjakarta memastikan layanan bus rute baru yang menuju atau dari Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) bisa digunakan untuk masyarakat umum.

Polisi Larang Warga Bawa Petasan saat Nobar Timnas Indonesia U23 vs Uzbekistan

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Departemen Hubungan Masyarakat dan CSR Transjakarta Wibowo. Dia menyebutkan ihwal pembukaan layanan itu masih didiskusikan bersama PT Angkasa Pura II.

"Jadi pembukaan layananan Transjakarta ke Bandara Soekarno-Hatta didiskusikan bersama Angkasa Pura II," ujar Wibowo saat dikonfirmasi wartawan, Jumat, 16 Juni 2023.

Bentuk Kepedulian Muhammadiyah Buat Penyandang Difabel

Bus Transjakarta

Photo :
  • vivanews/Andry Daud

Wibowo memastikan layanan Transjakarta tersebut bisa digunakan bagi masyarakat umum. Pasalnya, PT Transjakarta merupakan perusahaan transportasi publik.

DKPP Ungkap Laporan Pelanggaran Pemilu 2024 Terbanyak dari Provinsi Papua

"Transjakarta tidak pernah membedakan masyarakat. Semua boleh menggunakan layanan Transjakarta," katanya.

Sebelumnya diberitakan, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono buka suara soal usulan layanan bus Transjakarta yang akan buka rute ke kawasan Bandara Soekarno-Hatta. 

Heru Budi mengatakan rencana layanan tersebut saat ini masih di bahas oleh Dinas Perhubungan DKI Jakarta. Tak hanya itu, dia  menyebutkan layanan diperuntukan bagi karyawan di Bandara Soetta.

"Lagi dibahas di Dinas (Perhubungan), dan sementara tidak untuk umum, dan hanya untuk pegawai (bandara) yang mau pulang malam hari," ujar Heru kepada wartawan, dikutip Jumat, 9 Juni 2023.

Eks Wali Kota Jakarta Utara itu juga menegaskan bandara Soetta sudah menyiapkan transportasi untuk umum, yaitu bus Damri. Oleh sebab itu, layanan transjakarta menuju bandara Soetta tidak untuk masyarakat.

"Ini masih tahap uji coba. Kan masih ada damri, dan lain-lain. Nanti disinkronkan dengan yang udah ada," pungkasnya.

Sementara itu, rute layanan bus Transjakarta ke Bandara Soekarno Hatta (Soetta) bakal diuji coba pada minggu pertama di bulan Juli 2023 mendatang. 

"Sebelum dioperasionalkan penuh, ini akan dilakukan uji coba. Kami harapkan uji coba bisa dilakukan paling lambat minggu pertama Juli," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo kepada wartawan, Rabu, 14 Juni 2023.

Syafrin menambahkan, saat ini pihaknya sedang melaksanakan pemenuhan administrasi soal layanan bus Transjakarta yang akan melayani di luar daerah Ibu Kota. 

"Saat ini sedang dilaksanakan pemenuhan administrasi. Di mana karena Transjakarta akan melayani ke bandara yang di luar Jakarta, maka izin dari Badan Pengelolaan Transportasi Jabodetabek (BPTJ) diperlukan," katanya. 

Syafrin juga mengatakan, uji coba yang akan dilakukan pada bulan Juli mendatang, pihaknya menurunkan sebanyak 15 unit bus. "Uji coba (kita turunkan) sebanyak 15 unit bus," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya