Uji Coba Rute TransJakarta ke Bandara Soetta Gratis, Simak Jadwalnya

Calon penumpang menunggu bus TransJakarta di Halte Bundaran Senayan 2, Jakarta.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/foc.

Jakarta –  Dinas Perhubungan DKI Jakarta mengatakan uji coba layanan rute baru bus TransJakarta menuju Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) tidak dipungut biaya alias gratis. 

Viral Keributan Avsec dengan Penumpang di Bandara Soetta, Ini Penjelasan AP II

"Selama uji coba gratis. Tentu tujuannya kami ingin melihat karakteristik selain operasional bus secara teknis, juga karakteristik masyarakat pengguna," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo kepada wartawan di Balai Kota DKI, Rabu, 21 Juni 2023.

Syafrin juga menyebut ada sembilan bus yang akan dioperasikan selama masa uji coba. Bus bakal berangkat dari Terminal Kalideres, Jakarta Barat dan berhenti di Kantor Angkasa Pura II dan Terminal Kargo.

Nasib 2 Debt Collector Ambil Paksa Mobil Polisi, Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional

Dia juga menambahkan, rute baru TransJakarta ini akan beroperasi mulai pukul 06.00 WIB sampai 09.00 WIB dan 16.00 WIB sampai 21.00 WIB. Angkutan ini juga diprediksi mengangkut 4.000 penumpang.

Transjakarta.

Photo :
  • ANTARA/Lia Wanadriani Santosa
Aksi Sopir Pikap Ini Dipuji Warganet, Berani Hadang Dua Bus Lawan Arus

"Kan kalau potensi total, rata-rata itu per hari karyawan di kawasan Bandara Soetta total itu sekitar 40.000 an. Kami proyeksikan paling minimum 10 persen itu akan beralih menggunakan layanan TransJakarta secara harian, artinya ada 4.000-an," katanya.

Setelah masa uji coba selesai, lanjut dia, tarif layanan TransJakarta menuju Bandara Soetta masih akan dikaji lebih dalam.

"Karena kan begini, jika menggunakan tarif subsidi, kita akan minta masuk ke kawasan bandara sehingga ini sedang kami hitung secara cermat," pungkasnya.

Sebagai informasi, PT Transportasi Jakarta atau TransJakarta memastikan layanan bus rute baru yang menuju atau dari Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) bisa digunakan untuk masyarakat umum.

Terminal 3 Bandara Soetta.

Photo :
  • Ist

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Departemen Hubungan Masyarakat dan CSR TransJakarta Wibowo. Dia menyebutkan ihwal pembukaan layanan itu masih didiskusikan bersama PT Angkasa Pura II.

"Jadi pembukaan layananan TransJakarta ke Bandara Soekarno-Hatta didiskusikan bersama Angkasa Pura II," ujar Wibowo saat dikonfirmasi wartawan, Jumat, 16 Juni 2023.

Wibowo memastikan layanan TransJakarta tersebut bisa digunakan bagi masyarakat umum. Pasalnya, PT Transjakarta merupakan perusahaan transportasi publik.

"TransJakarta tidak pernah membedakan masyarakat. Semua boleh menggunakan layanan TransJakarta," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya