Kombes Latif Ungkap Penyebab Macet Parah Sebelum Masuk PRJ

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman
Sumber :
  • VIVA / Yeni Lestari

Jakarta – Beredar video di media sosial yang memperlihatkan kemacetan parah saat sebelum memasuki kawasan Pekan Raya Jakarta (PRJ), Kemayoran, Jakarta Pusat. Kemacetan itu terjadi pada Sabtu, 24 Juni 2023. 

Dugaan Penistaan Agama, Polisi Diminta Tangkap dan Tahan Pendeta Gilbert

"Semua jalan macet total, untuk teman-teman yang akan ke PRJ Kemayoran lebih baik ditunda, jika memaksa akan pergi, lebih baik parkir di area PRJ," dikutip dari akun TikTok @jepepin1, Minggu, 25 Juni 2023.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman buka suara soal kendaraan roda empat dan roda dua yang mengular di sekitar kawasan PRJ itu.

Ada Aksi May Day di Jakarta, Hindari Lokasi Ini Kalau Tidak Mau Kena Macet

Lokasi Pekan Raya Jakarta di Kemayoran beberapa waktu lalu (foto ilustrasi).

Photo :
  • VIVA.co.id/M. Ali. Wafa

Kemacetan itu terjadi memang imbas dari PRJ dan ajang street race Polda Metro Jaya yang digelar pada hari yang sama. PRJ sendiri akan berlangsung selama satu bulan full, sedangkan street race Polda Metro Jaya digelar pada tanggal 24 dan 25 Juni 2023.

Polda Metro Larang Anggota Bawa Senjata Api saat Amankan May Day Besok

"Pelaksanaan street race besebelahan dengan PRJ. Kami minta maaf kepada masyarakat yang tergganggu yang akan menuju ke PRJ," kata Kombes Latif kepada wartawan, Minggu, 25 Juni 2023.

Latif mengatakan pergelaran street race Polda Metro Jaya memang digelar selama dua hari. Latif juga mengaku sebelumnya mempertimbangkan untuk menunda balapan street race itu agar tidak menimbulkan kemacetan. 

Namun, kata Latif, para pembalap street race yang berjumlah 800 peserta ini juga mendesak pihak Polda Metro agar segera menggelar acara balapan tersebut. 

"Pelaksanaan dua hari, mudah-mudahan bisa diselesaikan dengan baik aman dan nyaman. Kenapa? Karena kalau sudah diundur, mereka sudah desak kita untuk bisa segera dilaksanakan. Mereka sudah nagih kita akhirnya dengan keterpaksaan bersamaan dengan PRJ," kata Latif.

Latif menambahkan, balapan street race itu digelar sekaligus dalam rangka menyambut HUT ke-77 Bhayangkara. Ini adalah street race seri ketujuh yang diselenggarakan Polda Metro Jaya.

Latif mengatakan, street race diharapkan bisa merangkul pembalap jalanan untuk menyalurkan hobinya

"Street race pada ketujuh sudah diikuti pelbagai daerah dan luar pulau. Karena yang kita rangkul betul-betul dari akar rumput peserta yang berada di jalanan. Sehingga apa yang kita lakukan bisa bermanfaat tentu akan menjaga keselamatan anak bangsa," ujar Latif.

"Sekali lagi terima kasih atas dukungan dari TNI HIMNI, PRJ Kemayoran yang selalu mendukung pelaksanaan kegiatan ini. Mudah-mudahan terus berlanjut dan bisa bermanfaat buat kita semuanya," sambungnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya