PKS Tolak Usulan PDIP Ingin Pansus JIS: Mau Ditanya Apa Lagi?

Gedung DPRD DKI Jakarta.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Ade Alfath

Jakarta – Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD DKI Jakarta, menyebut pembangunan Jakarta Internasional Stadion (JIS) sudah jelas. Maka tidak diperlukan lagi pembentukan panitia khusus (pansus), untuk mengusut adanya dugaan malpraktik di dalam perencanaan pembangunan stadion yang mulai ramai dibahas usai diusulkan menjadi tempat Piala Dunia U-17 tahun ini.

Partai Gelora Tak Sudi Jika PKS Gabung Prabowo, Begini Penjelasan Fahri Hamzah

"Jadi menurut saya sudah jelas jalan cerita bagaimana perencanaan dan pembangunan JIS, jadi kalau misalnya mau pansus, mau di-pansus-in apa lagi? Mau ditanya apa lagi," ujar Sekretaris Fraksi PKS DPRD, M Taufik Zoelkifli, saat dihubungi Senin, 10 Juli 2023.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bersama Ketum PSSI sidak rumput Stadion JIS

Photo :
  • Ist
PKB Hormati Sikap Gelora yang Tolak PKS Gabung ke Prabowo-Gibran

Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta itu juga menyebut, bahwa sejak awal Buro Happold bukan pihak yang mendesain stadion JIS. Taufik menyebut JIS dibuat orang Indonesia.

"Tidak perlu pansus, karena memang Buro Happold memang tidak mendesain JIS, emang sudah jelas dari awal, di komisi B juga sudah jelas, yang membangun, mendesain JIS, putra-putri Indonesia sendiri, bukan Buro Happold," jelasnya.

Ditolak Gelora Masuk Koalisi Prabowo, PKS Lempar Sindiran Menohok: Aduh, Partai Nol Koma

Taufik menganggap pernyataan yang dibuat oleh perusahaan jasa design, rekayasa dan konsultasi yang asal di Inggris itu, hanya sebagai penegasan. Lantaran nama Buro Happold ikut terseret dalam polemik JIS.

"Dari awal yang dikatakan bahwa Buro Happold itu bersurat kemudian mengatakan tidak terlibat dalam desain, itu memang penegasan mereka saja karena kasus di Indonesia jadi ke mana-mana," katanya.

Sebelumnya diberitakan, Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta, Dwi Rio Sambodo, mengusulkan agar proyek perencanaan pembangunan Jakarta Internasional Stadion (JIS) diaudit secara total. Menurutnya, hal tersebut perlu dilakukan buntut polemik JIS yang kian memanas.

"Konkretnya harus ada penanganan teknis secara mendasar, baik jangka pendek maupun jangka panjang untuk sarana prasarana serta audit total dari aspek perencanaan maupun pembangunan JIS," kata Rio saat dihubungi, Senin, 10 Juli 2023.

Rio menduga adanya malapraktik dalam perencanaan pembangunan JIS. Sebab, fasilitas-fasilitas di stadion tersebut dinilai sangat kurang. Hal itu menjadi salah satu penyebab polemik JIS yang kini banyak diperbincangkan.

"Ini menegaskan bahwa ada malapraktik dalam perencanaan dan pembangunan stadion JIS. Tidak mengherankan jika banyak sekali kekurangan fasilitas stadion JIS dan jauh dari standar internasional sebagaimana mestinya," katanya.

Untuk itu, Rio mengusulkan agar pemerintah membuat panitia khusus (pansus) agar proses audit berjalan dengan baik serta tidak ada intervensi dari pihak lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya