DPRD DKI Desak Pemprov Tertibkan Kabel Menjuntai di Seluruh Wilayah Jakarta

Gedung DPRD DKI.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Ade Alfath

Jakarta – Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta, Ida Mahmudah mendesak agar Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI sesegera mungkin membereskan kabel-kabel menjuntai di seluruh wilayah Jakarta.

Asyik Pesta Miras dan Ganja, 5 Mahasiswa di Papua Diciduk Polisi

Desakan itu dikemukakan lantaran seorang mahasiswa terjerat kabel fiber optik di kawasan Antasari, Jakarta Selatan hingga tidak bisa bicara.

"Harus sesegera mungkin lah dibereskan biar gak ada korban lagi. Kita hanya mengingatkan untuk segera berkoordinasi Pemda DKI, Satpol PP untuk sesegera mungkin menertibkan. Ini bukan hanya Jakarta Selatan, tapi seluruh DKI," kata Ida Mahmudah saat dihubungi VIVA, Rabu, 2 Agustus 2023.

Harley Davidson Kecelakaan di Probolinggo, Pasutri Tewas

Ida menyinggung soal arahan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono soal penertiban kabel-kabel liar tersebut. Pasalnya, kata Ida, kabel-kabel yang tidak terurus itu sangat mengganggu ketertiban masyarakat pengguna jalan maupun di sekitar kawasan.

Mahasiswa bernama Sultan Rifat Alfatih yang terjerat kaber fiber optik

Photo :
  • Istimewa
Daftar Deretan Kampus Besar di Amerika Serikat yang Demo Dukung Palestina

"Kabel ini pak Pj kan sudah tegas tuh, bahwa terkait dengan kasus yang di Selatan itu untuk meminta pihak swasta bertanggung jawab. Bukan hanya di Selatan saja, tapi hampir semua DKI terutama yang di dekat padat penduduk lebih parah lagi, karena apa? Tiangnya satu, kabelnya banyak, sampai miring ke sana, miring ke sini. Riskan betul dengan kerobohan dan lain sebagainya," katanya.

Sebelumnya diberitakan, seorang mahasiswa Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur bernama Sultan Rif'at Alfatih (20) mengalami nasib nahas usai dirinya terjerat kabel fiber optik di pinggir jalan kawasan Jalan Antasari, Jakarta Selatan tepat di bagian lehernya. Akibat kejadian itu, dia tak bisa kembali berbicara. 

Ayah Sultan, Fatih (49) mengatakan bahwa mulanya Sultan izin kepada dirinya ingin pergi bersama teman-teman SMA untuk keliling menggunakan motor. Sultan izin kepada sang ayah tercintanya itu pada 5 Januari 2023 sekira pukul 22.00 WIB.

Fatih menuturkan, pada awal kejadian ada mobil SUV yang mengantre di depan motor Sultan. Tanpa disadari, ada sebuah kabel yang menjuntai atau mengendur. Kemudian kabel tersebut pun tersangkut di mobil SUV itu.

"Kemudian harusnya lagi ngantre dan ada kabel yang melintang, tapi anak saya gak tahu ada kabel melintang karena di belakang mobil," kata Fatih.

Fatih menyebut kabel yang menjuntai di kawasan Jalan Antasari Raya itu terbawa jauh oleh mobil SUV. Namun, kabel tersebut tidak putus meski sudah tersangkut di mobil SUV.

Justru kabel itu malah berbalik ke tempat semula menjuntai. Kendati, ketika kabel itu terlepas dari mobil yang menyeretnya, langsung mengenai Sultan yang tepat ada di belakang mobil tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya