Atasi Polusi Udara, Pemprov DKI Segera Operasikan 100 Bus Listrik di Jakarta

Kadishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo
Sumber :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham

Jakarta- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta akan mengoperasikan 100 bus listrik dalam waktu dekat. Hal ini dilakukan untuk mengatasi pencemaran udara atau polusi udara yang semakin tinggi di Jakarta beberapa waktu terakhir.

Kecelakaan Maut Terjadi Lagi, Bus Harusnya Wajib Sediakan Sabuk Pengaman di Kursi Penumpang

Kadishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan operasional bus listrik itu sebagai salah satu langkah untuk mendorong elektrifikasi sehingga polusi udara di Jakarta semakin berkurang.

"Tahun ini ada sebanyak 100 unit bus listrik yang akan dioperasionalkan oleh PT Transjakarta sebagai upaya untuk mendorong elektrifikasi di layanan angkutan umum," kata Syafrin dalam konferensi pers di Kantor Ditjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL), Jumat, 11 Agustus 2023.

Pemkot Depok Pastikan Biaya Pengobatan dan Santunan Korban Kecelakaan Bus SMK di Ciater

Serah Terima Bus Listrik VKTR

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Guna mengatasi polusi udara Jakarta, Syafrin juga mengatakan pihaknya mendorong masyarakat untuk beralih dari kendaraan pribadi menjadi layanan angkutan umum dan kendaraan listrik. 

Bus Kecelakaan di Ciater, Wali Kota Depok Minta Kegiatan Perpisahan Sekolah Dievaluasi

Pemprov DKI Jakarta bahkan telah memberikan insentif bagi masyarakat yang membeli kendaraan listrik.

"Kami mendorong elektrifikasi di sektor angkutan umum maupun kendaraan bermotor, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta saat ini telah memberikan insentif bagi masyarakat yang membeli kendaraan bermotor listrik di mana BBNKB (bea balik nama kendaraan bermotor) nol rupiah," ucapnya. 

Syafrin juga menyebut pihaknya mendorong masyarakat untuk lebih aktif berjalan kaki dibandingkan menggunakan kendaraan bermotor untuk mengurangi polusi udara. Pemprov DKI kata dia akan menyediakan trotoar serta jalur sepeda secara lebih masif lagi.

"Kami juga mendorong untuk di tingkatkan active mobility, pejalan kaki lebih banyak dengan menyediakan trotoar secara masif demikian juga dengan penyediaan jalur sepeda yang terintegrasi dengan seluruh layanan angkutan umum Jakarta," tandas Syafrin.

Suasana gedung bertingkat yang terlihat samar karena polusi udara di Jakarta.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Fauzan/nym.

Sebagai informasi, Berdasarkan data Indeks Kualitas Udara (AQI) Air, Jakarta menempati posisi teratas daftar kota dengan tingkat polusi terburuk pada Senin, 7 Agustus 2023. Indeks kualitas polusi udara Jakarta mencapai angka 186 alias masuk kategori tidak sehat.

Kemudian tercatat konsentrasi PM2.5 mencapai 121,7 mg/m3 (mikrogram per meter kubik) udara. Angka tersebut lebih tinggi 24,3 kali dari standar panduan udara tahunan WHO.

Sedangkan konsentrasi PM10 mencapai 144 mg/m3. Indeks udara Kota Jakarta ini juga menjadi paling tinggi dalam kurun satu pekan terakhir. Indeks kualitas udara yang baik itu berada di angka 0-50, sedangkan AQI di atas 300 dianggap berbahaya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya