Pemprov DKI Siapkan 29 Armada Bus Listrik Selama KTT ASEAN ke-43 di Jakarta

Bus Listrik
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyiagakan armada bus listrik dalam rangka menyukseskan penyelanggaraan KTT ASEAN 2023, yang berlangsung 5-7 September 2023. Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan, total 29 bus listrik dikerahkan sebelum dan selama diselenggarakannya pertemuan antar pimpinan negara KTT ASEAN 2023.

Terbang ke Negara Asia Tenggara Lebih Hemat Pakai ASEAN Explorer Pass, Apa Itu?

"Ada 24 unit (bus listrik) melayani 4 rute suttle bus, dan 5 unit melayani di Bandara Soetta. Kami mengoperasikan sebanyak empat armada bus listrik sejak tanggal 4 hingga 6 September untuk mobilisasi tim penyambutan peserta KTT ASEAN dari landasan pacu menuju VIP room Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten dan sebaliknya," ujar Syafrin Liputo keterangannya, Selasa, 5 September 2023.

Ia mengungkapkan, Pemprov DKI Jakarta juga mengoperasikan armada bus Transjakarta listrik untuk empat layanan shuttle line sejak tanggal 30 Agustus hingga 7 September mendatang. Keempat layanan tersebut yakni pertama, shuttle Blue line yang dimulai dari tanggal 30 Agustus hingga 4 September dari pukul 07.00 hingga 22.00 WIB.

Aksi Sopir Pikap Ini Dipuji Warganet, Berani Hadang Dua Bus Lawan Arus

Bus listrik VKTR.

Photo :
  • Dokumentasi VKTR.

"Delapan armada bus Transjakarta listrik dikerahkan untuk layanan shuttle Blue Line dari Sultan Hotel Residence menyusuri jalan ke Gedung Serbaguna Senayan, Stasiun MRT Istora Mandiri dan kembali ke hotel," kata dia.

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

Kedua, lanjut Syafrin, layanan shuttle Red Line yang beroperasi pada tanggal 2 September dari pukul 07.00 hingga 19.00 WIB.

"Armada bus yang beroperasi di rute shuttle Red Line berkeliling dari hotel The Ritz Calton sayap barat menyusuri jalan ke gedung Serbaguna Senayan, Stasiun MRT Istora Mandiri, gedung Polda Metro Jaya, dan masuk kembali ke kawasan hotel dari sayap timur hotel," jelasnya.

Ketiga yakni shuttle Purple Line yang beroperasi pada tanggal 4 September dari pukul 17.00 WIB hingga 19.00 WIB dengan rute Ballroom Hotel Sultan menyusuri jalan menuju sisi timur dan barat The Ritz Calton.

"Layanan keempat Shuttle Green Line yang beroperasi pada tanggal 4 hingga 7 September dari pukul 05.00 hingga 08.00 WIB dengan rute drop off media dari pintu 9 GBK menyusuri ruas jalan ke Stasiun MRT Istora Mandiri 2, Istora Senayan, Balai Sidang JCC Senayan," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya