Tangerang Gelar Uji Emisi di Jalur Protokol Mulai Hari Ini, Simak Lokasinya

Uji emisi di Kota Tangerang.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Sherly (Tangerang)

Jakarta – Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Lingkungan Hidup setempat menggelar uji emisi di sejumlah titik. Kegiatan ini selain untuk melakukan pengecekan kepada kendaraan, juga sebagai langkah pengendalian kualitas udara yang buruk di Jabodetabek.

Pemerintah Bidik Penjualan Mobil Listrik Capai 50 Ribu Unit

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang, Tihar Sopian mengatakan, proses uji emisi di jalur protokol akan diterapkan per hari ini dengan lokasi di tiga titik.

"Hari ini kita lakukan proses uji emisi kepada kendaraan yang melintas di Kota Tangerang. Hal ini untuk mengetahui kondisi kendaraan dengan kandungan CO2 dan HC yang terdapat dalam gas buang," katanya, Selasa, 5 September 2023.

Peringatan May Day, Ganjil-Genap di Jakarta Tidak Berlaku Hari Ini

Pada fasilitas ini, pihaknya belum menerapkan sanksi kepada pengendara yang hasil uji emisi kendaraannya di atas rata-rata.

Uji emisi kendaraan di Kota Tangerang.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Sherly (Tangerang)
Belum Mampu Atasi Banjir dan Macet di DKI, SPJ beri Rapor Merah Kinerja Heru Budi

"Ini uji emisi saja supaya tahu seperti apa kondisi kendaraannya. Belum ada sanksi, karena sampai saat ini kami, lalu instansi lainnya dan kepolisian setempat masih menunggu arahan lanjutan. Hanya saja bagi kendaraan yang emisinya di atas rata-rata kami sarankan untuk segera memperbaikinya," ujarnya.

Untuk mendapatkan layanan uji emisi ini, masyarakat hanya perlu membawa fotokopi STNK. Kemudian, hasil uji emisi akan disertakan melalui link https://ditppu.menlhk.go.id/langit-biru/statusujiemisi

"Gratis, hanya perlu fotokopi STNK dan lewat uji emisi secara rutin masyarakat dapat memberikan berbagai manfaat. Di antaranya, tingkat efektivitas proses pembakaran bahan bakar pada mesin mobil yang dapat diketahui melalui analisis kandungan CO2 dan HC yang terdapat dalam gas buang. Membantu melakukan penyetelan campuran udara dan bahan bakar secara tepat," ujarnya.

Berikut jadwal uji emisi di jalur protokol oleh Pemkot Tangerang: 

- Selasa, 5 September 2023

Pukul 08.00 WIB hingga 15.00 WIB

Jalan MH Thamrin, Kecamatan Tangerang, 

- Rabu, 6 September 2023

Pukul 08.00 WIB hingga 15.00 WIB

Jalan Sudirman, Kecamatan Tangerang 

- Kamis, 7 September 2023 

Pukul 08.00 WIB hingga 15.00 WIB

Jalan Imam Bonjol, Kecamatan Cibodas. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya