IPW Sebut Kombes Latif yang Teriaki Anggota 'Polisi Goblok' Tidak Becus Urus Anak Buah

Ketua Indonesia Police Watch (IPW), Sugeng Teguh Santoso
Sumber :
  • VIVA/Edwin Firdaus

Jakarta - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo diminta menegur keras Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi M. Latif Usman yang dinilai tak becus mengendalikan anak buahnya karena nyaris menyerempet rangkaian delegasi negara Laos yang jadi peserta KTT ASEAN ke-43.

Terpopuler: Gempa Garut, Dewas Bongkar Perilaku Wakil Ketua KPK, Keluarga Polisi ke Jakarta

"Ketidakbecusan dan kelalaian Dirlantas Polda Metro Jaya itu terlihat pada tayangan yang viral di media sosial pada Kamis 7 September 2023 saat delegasi Laos yang dengan pengawalan ketat, diterobos mobil patroli dari Polda Metro Jaya dan hampir menyerempet rombongan tamu negara," uca Ketua Indonesia Police Watch Sugeng Teguh Santoso kepada wartawan, Jumat 8 September 2023.

Menurutnya, kejadian di Kolong Semanggi itu tidak terjadi kalau Kombes Latif dan seluruh jajarannya mematuhi SOP (standar operasional prosedur) yang diberlakukan untuk pengamanan KTT ASEAN ke-43. Sebab, lanjut Sugeng, jalur peserta delegasi KTT ASEAN harus kosong dan steril sehingga, setiap kendaraan di pertigaan diberhentikan.

Harley Davidson Kecelakaan di Probolinggo, Pasutri Tewas

"Hal ini sesuai dengan Siaran Pers Tim Komunikasi Dan Media KTT Ke-43 ASEAN 2023 bernomor: 03/SP/TKM-ASEAN2023/INA/8/2023 tentang Korlantas Polri Siapkan Pengawalan rute delegasi KTT ke-43 ASEAN 2023 yang meminta para perwira pengendali harus mengetahui semua rute yang akan dilalui oleh para delegasi KTT ASEAN," ucapnya.

Viral Polisi Maki Polisi dengan Katas Kasar

Photo :
  • Tangkapan Layar
Polisi Bongkar Home Industri Narkoba Sintetis di Perumahan Mewah Sentul

Untuk itu, pihaknya meminta kepada Kapolri mengusut masuknya mobil patroli dari Polda Metro Jaya yang hampir menyenggol rombongan delegasi perdana menteri Laos dan menegur keras Kombes Latif serta memberikan sanksi kepada pengemudinya yang arogan dengan menerabas SOP yang ada.

"Hal ini sangat memalukan Indonesia di dunia internasional karena viralnya peristiwa tersebut tayang di dunia maya dan menurunkan citra Polri di masyarakat," kata dia.

Sebelumnya diberitakan, viral di media sosial Twitter @MurtadhaOne1, video mobil patroli lalu lintas (polantas) Polda Metro Jaya nyaris menyerempet rangkaian delegasi negara Laos yang jadi peserta KTT ASEAN ke-43. Awalnya rombongan delegasi negara Laos melaju di Jalan Jenderal Sudirman menuju ke M.H Thamrin.

Setibanya di kolong Semanggi, polisi lalu lintas di lokasi lantas memberhentikan satu unit mobil yang datang dari Simpang Semanggi karena delegasi negara Laos melintas. Setelahnya, ada mobil patroli yang muncul dari persimpangan Semanggi hampir menyenggol rombongan perdana menteri Laos itu.

Mobil patroli itu lantas diteriaki untuk berhenti ke bahu jalan karena rombongan negara Laos mau melintas. Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi M. Latif Usman yang ada di lokasi pun meneriaki mobil patroli polisi itu 'goblok' karena tak berhenti saat rombongan negara laos lewat.

"Detik-detik mobil polisi menerobos Ring 1 Tamu Negara KTT Asean 'Polisi goblok!', teriak salah seorang polisi," demikian seperti dikutip, Kamis 7 September 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya