4.729 KK di Johar Baru Tak Punya MCK, Heru Budi Janji Bangun Kamar Mandi Komunal

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono
Sumber :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham

Jakarta – Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono berjanji akan membangun fasilitas, yaitu kamar mandi komunal bagi ribuan warga di Johar Baru, Jakarta Pusat yang belum memiliki tempat mandi, cuci, kakus (MCK).

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

"Kamar mandi komunal kita akan buatkan," ujar Heru Budi kepada wartawan di Jakarta Utara, Kamis, 14 September 2023.

Sebanyak 4.792 kepala keluarga (KK) belum memiliki tempat MCK di Johar Baru, Jakarta Pusat. Hal tersebut diungkapkan oleh Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD DKI Jakarta Karyatin Subiyantoro pada Raperda tentang Perubahan APBD DKI Jakarta tahun anggaran 2023 di ruang paripurna Gedung DPRD DKI, Rabu, 13 September 2023.

Heru Budi: Pembayaran Lahan Proyek Normalisasi Kali Ciliwung ke BPN

Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Photo :
  • VIVA/Riyan Rizki Roshali.

"Saat ini masih banyak rumah di pemukiman padat di Jakarta yang tidak memiliki MCK yang menyebabkan mereka masih buang air besar di badan air atau bukan di MCK," kata Karyatin.

Heru Budi Bakal Tingkatkan Pengawasan Buntut Kasatpel Numpang Mobil Dishub ke Puncak

"Di Kecamatan Johar Baru misalnya masih ada 4.792 kepala keluarga yang belum memiliki MCK," katanya menambahkan. 

Oleh sebab itu, Karyatin mendorong Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI agar mengupayakan anggaran untuk pembuatan MCK dalam bentuk septic tank meski di lahan yang terbatas. 

"Pemprov DKI Jakarta perlu mengupayakan anggaran untuk pembuatan MCK komunal bagi warga atau dalam bentuk septic tank komunal agar mereka bisa memiliki sistem sanitasi yang baik meskipun di lahan yang terbatas dengan biaya yang tidak besar," ujar dia. 

Di sisi lain, Karyatin juga menilai Pemprov DKI dapat mengupayakan anggaran dari BUMD, BUMN, maupun pihak swasta, sehingga anggaran APBD tidak terlalu besar.

"Pemprov DKI Jakarta bahkan bisa mengupayakan dukungan dari BUMD maupun dari Corporate Social Responsibility (CSR) dari BUMN dan perusahaan swasta besar di Jakarta untuk pembangunan MCK komunal atau septic tank komunal tersebut sehingga beban pembiayaan dari APBD tidak terlalu besar," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya