Hindari Kawasan Monas Jika Tak Ingin Kena Macet, Ada Aksi 209 Bela Rempang

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komarudin.
Sumber :
  • VIVA/Sherly (Tangerang)

JakartaPolisi menyiapkan rekayasa lalu lintas di sekitaran kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha alias Patung Kuda Indosat, Gambir, Jakarta Pusat, buntut Aksi 209 Bela Rempang.

Bule Australia Berulah di Bali, Bikin Keributan hingga Aniaya Sopir Travel

"Sedang disiapkan, rencana Medan Merdeka Barat dialihkan," ujar Kapolres Metro Jakarta Pusat, Komisaris Besar Polisi Komarudin kepada wartawan, Rabu 20 September 2023.

Pengalihan dilakukan bagi arus kendaraan yang melintas di Jalan Medan Merdeka Barat ke Medan Merdeka Selatan bakal dialihkan ke Jalan Budi Kemulian. Kemudian, untuk arus lalin di Jalan Medan Merdeka Utara diluruskan ke Jalan Majapahit. Pun dari arah Gajah Mada, bakal diarahkan ke Tomang dan Juanda.

Wow! Ada Senjata HS Kaliber 9 Mm di Dalam Mobil Polisi yang Tewas di Mampang Jaksel

"Kepada masyarakat hari ini Jakpus akan melakukan pelayanan dan pengawalan jalannya aksi atau penyampaian pendapat di muka umum yang merupakan hak setiap warga negara. Namun tentunya setiap orang diharapkan mematuhi setiap aturan apakah itu terkait dengan berlalu lintas dan juga untuk penyampaian pendapat di muka umum. Sehingga aktivitas masyarakat ibu kota tetap bisa berjalan meskipun ada beberapa titik yang harus dialihkan," katanya.

Komarudin menambahkan, sebanyak 1.000 personel gabungan disiagakan mengawal aksi. Mereka terdiri dari TNI-Polri dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta 

Polisi Periksa 13 Saksi Kasus Tewasnya Anggota Polresta Manado di Mampang Jakarta Selatan

"Untuk di Patung Kuda kita siapkan personel 10 SSK, kurang lebih 1.000 personel," kata dia lagi.

Sebelumnya diberitakan, sejumlah organisasi islam yang tergabung dalam Gerakan Nasional Pembela Rakyat (GNPR) bakal menggelar unjuk rasa 'Aksi 209 Bela Rempang' siang hari ini.

Adapun ormas yang bakal turun mulai dari Persaudaraan Alumni (PA) 212, Front Persaudaraan Islam (FPI), hingga Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Ulama. Mereka menggelar aksi menuntut konflik di Pulau Rempang.

"Betul, (bakal gelar Aksi 209 Bela Rempang). Target 1.000 (orang turun aksi)," kata tim hukum FPI, Aziz Yanuar kepada wartawan, Rabu 20 September 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya