CCTV Museum Nasional Disita, Polisi Ungkap Rekaman Detik-detik Kebakaran

Kapolres Jakarta Pusat Kombes Komarudin.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Andrew Tito

Jakarta – Sejumlah rekaman kamera CCTV (closed circuit television) diamankan polisi guna dianalisa dalam mencari penyebab pasti kebakaran Museum Nasional atau Museum Gajah.

Teka-teki Tewasnya Brigadir RAT, Polisi Bakal Bongkar Isi SMS Korban dengan Istri

“Itu pun masih harus kita dalami, karena dari tayangan CCTV yang ada itu masih, CCTV yang tidak langsung memperlihatkan ke titik (api),” kata Kapolres Metro Jakarta Pusat, Komisris Besar Polisi Komarudin kepada wartawan, Selasa 19 September 2023.

Rekaman kamera CCTV itu masih didalami. Pasalnya, rekaman belum sepenuhnya merekam detik-detik kebakaran lantaran kamera mati buntut kabel terbakar. Cuma sedikit gambar yang terekam.

Sebelum Bunuh Diri, Brigadir RAT Izin Kunjungi Kerabat di Jakarta Sejak 10 Maret

“Hanya terlihat warna kemerahan yang ada pada bagian belakang museum. Jadi itu hanya sekedar petunjuk saja. Belum, (belum jelas titik apinya),” ujarnya.

Museum Nasional kebakaran

Photo :
  • ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah
Polisi Gerebek Pameran Otomotif dan Sita 4 Mobil Rp48 Miliar

Sebelumnya diberitakan, kebakaran terjadi di Museum Nasional atau yang biasa dikenal Museum Gajah. Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Jakarta Pusat mengerahkan delapan unit mobil dan 32 personel untuk melakukan pemadaman.

"Total pengerahan unit dan personel ada delapan unit dengan 32 personil," kata Kasudin Gulkarmat Jakarta Pusat Asril Rizal saat dikonfirmasi di Jakarta, Sabtu, 16 September 2023.

Berdasarkan laporan sementara, kebakaran Museum Nasional terjadi sejak pukul 20.00 WIB, atau saat petugas menerima berita tersebut. Pengerahan awal dengan 7 unit mobil damkar dan 21 personil melakukan pemadaman sejak 20.09 WIB.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya