BPBD DKI Sebut Sejumlah Wilayah Berpotensi Tanah Longsor pada Oktober 2023

BPBD DKI Jakarta.
Sumber :
  • Situs BPBD DKI Jakarta

Jakarta – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta membeberkan beberapa wilayah di Ibu Kota yang berpotensi terjadi bencana tanah longsor pada bulan Oktober ini.

Ibu dan Dua Anak Tertimbun Longsor di Garut, Petugas Kesulitan Lakukan Evakuasi

Adapun potensi tanah longsor itu terjadi di wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur karena adanya pergerakan tanah

"Prakiraan wilayah potensi terjadi gerakan tanah disusun berdasarkan hasil tumpang susun (overlay) antara peta zona kerentanan gerakan tanah dengan peta prakiraan curah hujan bulanan yang diperoleh dari BMKG," tulis @bpbddkijakarta melalui akun Instagramnya, Senin, 2 Oktober 2023.

KPU DKI Sudah Antisipasi Banjir saat Proses Pemungutan Suara Pilgub 2024

Ilustrasi longsor.

Photo :
  • BNPB.

Menurut informasi dari PVMBG (Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi), beberapa daerah di Provinsi DKI Jakarta berada di Zona Menengah, yaitu:

Viral Detik-detik Pria Selamat dari Timbunan Tanah Longsor, Telat Sedikit Nyawa Tak Tertolong

1. Jakarta Selatan, meliputi wilayah Kecamatan Cilandak, Jagakarsa, Kebayoran Baru, Kebayoran Lama, Mampang Prapatan, Pancoran, Pasar Minggu, dan Pesanggrahan.

2. Jakarta Timur, meliputi wilayah Cipayung, Kramatjati, dan Pasar Rebo.

"Pada Zona Menengah dapat terjadi gerakan tanah jika curah hujan di atas normal, terutama pada daerah yang berbatasan dengan lembah sungai, gawir, tebing jalan atau jika lereng mengalami gangguan. Sementara pada Zona Tinggi, gerakan tanah lama dapat aktif kembali," tulisnya.

Oleh sebab itu, BPBD mengimbau agar pemerintah serta masyarakat selalu antisipasi adanya potensi gerakan tanah di wilayah masing-masing.

"Untuk itu, kepada lurah, camat, dan masyarakat diimbau untuk tetap mengantisipasi adanya potensi gerakan tanah pada saat curah hujan di atas normal," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya