Polisi Periksa Ajudan hingga Pamwal Firli Soal Kasus Pemerasan Pimpinan KPK ke Eks Mentan SYL

Dirreskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak
Sumber :
  • Antara

Jakarta – Kasus dugaan pemerasan oleh pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap mantan Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) masih bergulir. Hari ini, penyidik Polda Metro Jaya kembali memeriksa ajudan Ketua KPK Firli Bahuri, Kevin Egananta.

Nurul Ghufron Kasih Kode Bakal Maju Lagi di Seleksi Capim KPK Tahun 2024

Ini merupakan kali kedua Kevin diperiksa di tahap penyidikan. Sebelumnya ia menjalani pemeriksaan pada Jumat, 13 Oktober 2023 pekan lalu. 

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak mengatakan, ada dua saksi lainnya yang turut diperiksa bersama dengan Kevin. 

Pengakuan Pelaku Membunuh Paman dan Jasadnya Dibungkus Sarung

"Tiga orang saksi pemeriksaan tambahan, salah satunya adc (ajudan) Ketua KPK RI," kata Ade kepada wartawan, Rabu, 18 Oktober 2023.

Kevin Egananta, ajudan alias Adc Ketua KPK Firli Bahuri.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Foe Peace Simbolon
Rampung Jalani Sidang Pelanggaran Etik Perdana, Nurul Ghufron: Kami Hormati Prosesnya

Selain itu, Ade juga menyebutkan, pihaknya memeriksa satu saksi lainnya yang berkaitan dengan Firli Bahuri. Dia merupakan pihak pengamanan dan pengawalan Ketua KPK.

"(Pemeriksaan) satu orang Pamwal Ketua KPK RI," singkatnya.

Untuk diketahui, Polda Metro Jaya menaikkan status kasus dugaan pemerasan yang dilakukan pimpinan KPK dalam penanganan kasus korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan) tahun 2021 ke penyidikan.

"Selanjutnya direkomendasikan untuk dinaikkan status dari penyelidikan ke tahap penyidikan," ujar Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Ade Safri Simanjuntak kepada wartawan, Sabtu 7 Oktober 2023.

Bantahan Firli Bahuri

Dugaan pimpinan KPK yang melakukan pemerasan terhadap SYL dispekulasikan mengarah ke Firli Bahuri. Firli membantah dugaan pemerasan tersebut. Seiring isu itu, muncul juga foto Firli dengan SYL di sebuah lapangan bulu tangkis.

Firli pun menjelaskan beredarnya foto pertemuan dirinya dengan SYL tersebut. Dia bilang foto tersebut beredar, setelah KPK menyelidiki kasus dugaan korupsi di Kementan era SYL.

Sementara, ada upaya laporan dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK di Polda Metro Jaya. Adapun SYL sudah diperiksa Polda Metro Jaya, beberapa hari lalu.

Firli menjelaskan, pertemuan tersebut dilakukan sebelum dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan) terjadi. Dia menyebutkan, pertemuan itu dilakukan pada Maret 2022, setahun lalu.

"Pertemuan di lapangan bulutangkis antara saya dengan Menteri Pertanian saat itu, saudara Syahrul Yasin Limpo, terjadi sebelum periode tersebut, tepatnya yaitu sekitar pada tanggal 2 Maret 2022. Dan itupun beramai-ramai di tempat terbuka," ujar Firli dalam keterangannya, Senin 9 Oktober 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya