Jelang Debat Perdana, Polisi Sterilkan Jalan Depan Kantor KPU RI

Jalan depan kantor KPU mulai disterilisasi dan dijaga jelang debat
Sumber :
  • VIVA/Edwin Firdaus

Jakarta - Aparat kepolisian telah menutup Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, tepatnya depan kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Selasa sore, 12 Desember 2023.

Istana: Ada atau Tidak Ada Presidential Club, Presiden dan Mantan Presiden Penting Bersilaturahmi

Penutupan tersebut sebagai langkah pengamanan jelang digelarnya debat perdana Capres Pilpres 2024 yang dilaksanakan pada malam ini. 

Lalu lintas di depan Kantor KPU RI sudah tak bisa dilalui kendaraan roda dua dan empat. Hanya aparat kepolisian dan awak media yang diperbolehkan melintas di kawasan tersebut. 

Demokrat Respons Positif Rencana Prabowo Bentuk Presidential Club

Akibatnya, lalu lintas di sekitar KPU RI, perempatan Jalan  HOS Tjokroaminoto dekat Kantor KPU terlihat padat macet. 

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro

Photo :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham
Loyal Dukung Prabowo, Maruarar Sirait: Kita Gak Ada Bicara jabatan Menteri

Kendaraan dari arah Jalan Rasuna Said ataupun Menteng pun terpaksa melambat di lampu merah KPU.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro mengimbau kepada masyarakat Jakarta yang pulang kerja untuk menghindari jalan di seputar kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, sore hari ini.

"Karena juga bertepatan dengan jam pulang kantor, kami mengimbau kepada masyarakat untuk menghindari area seputaran KPU ini, bisa menggunakan ruas jalan lainnya. Kami telah berkoordinasi dengan jajaran KPU sesuai dengan surat permohonan pengamanan, juga surat pengalihan arus semuanya," kata Susatyo di kantor KPU, Jakarta.

Susatyo mengatakan, pihaknya melakukan sterilisasi area depan KPU sejak pukul 15.00 WIB. "Jadi seperti kami sampaikan bahwa penggelaran pasukan akan kami mulai dari Bundaran HI. Bundaran HI kemudian nanti di perempatan Agus Salim dengan Imam Bonjol, kemudian juga perempatan Imam Bonjol dengan Diponegoro, juga Cokroaminoto sampai nanti ke Taman Suropati sehingga apabila ada kendaraan yang akan masuk ataupun keluar, kami upayakan pengaturan tersebut," kata Susatyo.

Diketahui, debat perdana merupakan debat antara capres, yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo dengan tema debat terkait pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya