Profil Indra Charismiadji, Jubir Timnas AMIN yang Dibekuk Kejari Jakarta Timur

Indra Charismiadji
Sumber :
  • dok. Pribadi Indra

Jakarta – Dunia politik kembali dihebohkan dengan penangkapan politikus Nasdem sekaligus Jubir Timnas Amin, Indra Charismiadji oleh Kejaksaan Negeri Jakarta Timur. Kabar penangkapan tersebut bahkan sudah dikonfirmasi oleh Bendahara Umum Nasdem, Ahmad Sahroni. 

Polisi Gerebek Pameran Otomotif dan Sita 4 Mobil Rp48 Miliar

Namun, belum diketahui kasus apa yang tengah menjerat Caleg DPR RI Jateng 2 tersebut sampai akhirnya ditangkap Kejari Jaktim. Publik pun langsung penasaran dengan sosok Indra Charismiadji lantaran dia adalah seorang calon anggota legislatif DPR RI. 

Profil Indra Charismiadji

Ketua Nasdem Lucky Hakim Daftar Calon Bupati Indramayu di PKB

Pengamat Pendidikan Indra Charismiadji di BMPS

Photo :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

Melansir dari laman pribadinya, Indra diketahui lahir di Bandung pada 8 Maret 1976. Ia terlahir dari keluarga berpendidikan. Oleh karena itu, ia mengatakan bahwa jiwa dan raganya sangat mencintai dunia pendidikan. Hal tersebut menjadi salah satu alasan dirinya terjun ke dunia pendidikan. 

Putuskan Dukung Prabowo-Gibran, Nasdem Siapkan Nama Untuk Menteri?

“Memang sejak dari kecil, passion saya ada di dunia pendidikan. Jadi, walaupun saya berlatar belakang pendidikan dari bidang yang berbeda namun rasa cinta terhadap bidang pendidikan bagaikan magnet yang menarik diri saya untuk selalu berkiprah dalam bidang edukasi,” tulisnya. 

Indra mengaku bahwa dirinya terus berinovasi untuk melahirkan sesuatu yang bermanfaat untuk memajukan dunia pendidikan. Kiprahnya di dunia pendidikan dibuktikan dengan menjabat sebagai Direktur Eksekutif Center for Education Regulations and Development Analysis (CERDAS). 

Pendidikan dan Jenjang Karier

Pembina IGTKI-PGRI, Indra Charismiadji.

Photo :
  • VIVA.co.id/Misrohatun Hasanah

Indra Charismiadji diketahui sempat menyelesaikan pendidikan di the University of Toledo, Ohio, Amerika Serikat, dengan gelar ganda dalam bidang keuangan dan pemasaran untuk jenjang strata satu atau sarjana. Ia kemudian melanjutkan pendidikan di Dana University, Ottawa, Amerika Serikat. 

Ia sempat memiliki pengalaman bekerja di beberapa perusahaan di Amerika Serikat seperti Merril Lynch, Omnicare, dan Dana Corporation. Kemudian pada 2002, Indra memutuskan kembali ke tanah air. Ia berperan aktif dalam membangun mutu pendidikan di Indonesia. 

Kiprahnya di Indonesia dimulai dengan memperkenalkan CALL (Computer-Assisted Language Learning) atau pembelajaran bahasa dengan bantuan komputer untuk pertama kalinya di berbagai lembaga pendidikan. Ia dikenal sebagai pemerhati dan praktisi pendidikan dengan spesialisasi di Pembelajaran Abad 21 atau Edukasi 4.0. 

Meraih Penghargaan

Indra Charismiadji

Photo :
  • dok. Pribadi Indra

Sepak terjangnya dalam membangun pendidikan Indonesia membuahkan penghargaan “Anugerah Pendidikan Indonesia” dari Ikatan Guru Indonesia (IGI) pada 2018. Kemudian, pada 2019 ia beralih dari korporasi ke sebuah organisasi nirlaba dalam bidang pendidikan yaitu CERDAS sebagai Direktur Eksekutif. 

Selain itu, Indra Charismiadji juga aktif dalam beberapa organisasi sekaligus, salah satunya adalah Direktur Utusan Khusus Pendidikan Vox Populi Institute Indonesia, Ketua Dewan Pembina di Perkumpulan Sekolah Digital Indonesia, Ketua Dewan Pembina di Asosiasi Guru Teknologi Informasi Indonesia (AGTIFINDO), dan masih banyak yang lainnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya