Beda dengan Heru, Dishub DKI Pastikan CFD Sudirman-Thamrin Tetap Ada saat Ramadhan

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono
Sumber :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham

Jakarta - Pemprov DKI Jakarta memastikan, kegiatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau car free day (CFD) akan tetap digelar meskipun ada momen Ramadhan. Kawasan CFD itu di antaranya di Sudirman-Thamrin.

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

"Selama Ramadhan HBKB tetap dilaksanakan," kata Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo di Jakarta, Sabtu, 9 Maret 2024. 

Sementara itu, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono menyebutkan bahwa pada bulan puasa atau Ramadhan kegiatan CFD di Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan MH Thamrin ditiadakan.

5 Tips Ampuh untuk Hilangkan Lemak Perut yang Bikin Susah Gerak

"Biasanya CFD enggak ada," ujarnya.

Suasana di car free day (CFD) di Jl. MH Thamrin Jakarta, beberapa waktu lalu.

Photo :
  • Rebecca Reifi Georgina - VIVA.co.id
40 Ribu NIK KTP Warga Jakarta yang Sudah Meninggal Dinonaktifkan

Sebagai informasi, penyelenggaraan CFD di Jakarta biasanya berlangsung pada pukul 06.00-10.00 WIB. Pada kegiatan CFD ini biasanya tidak ada kendaraan yang melintas hingga kegiatan itu usai dilakukan. 

Adapun mengenai penuntuan awal bulan Ramadhan, Pemerintah akan menggelar sidang isbat awal Ramadan 1445 H pada 10 Maret 2024. Sidang akan memutuskan apakah puasa Ramadan tahun ini akan dimulai pada 11 atau 12 Maret.

Juru Bicara Kementerian Agama Anna Hasbie berkenaan dengan adanya perbedaan awal puasa Ramadan 1445 H/2024 M. Dalam hal ini mayoritas umat Islam akan mengawali puasa Ramadan 1445 H pada 11 dan atau 12 Maret. Sedangkan Majelis Tarjih Pengurus Pusat Muhammadiyah sudah mengumumkan awal puasa Ramadan jatuh pada Senin, 11 Maret 2024.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya