Website Tak Efektif, Siswa Tetap Corat-coret

corat-coret seragam
Sumber :

VIVAnews – Hari ini, setiap SMA memasang pengumuman kelulusan siswa-siswinya lewat website sekolah mereka masing-masing. Pengumuman dilakukan sebagai upaya menghindari aksi anarki dan corat-coret.

Namun apa daya, pengumuman kelulusan lewat website itu ternyata tidak berjalan efektif. Sejumlah siswa yang dinyatakan lulus tetap saja mencorat-coret baju seragam mereka, dan konvoi di jalan-jalan seperti tahun-tahun sebelumnya.

Hajar Fulham, Manchester City Depak Arsenal di Puncak Klasemen

Aksi corat-coret itu setidaknya terjadi di SMU Negeri 6 Jakarta. Para siswa itu bahkan mencorat-coret seragam mereka di halaman sekolah, bukan di luar sekolah.

“Kakak kelas kita juga seperti ini, di dalam sekolah. Lagipula guru-guru nggak marah,” kata Bianda, siswa kelas XII SMU Negeri 6 Jakarta, Senin, 16 Mei 2011. Bianda mengaku sudah melihat pengumuman kelulusan di website sekolahnya sejak pukul 01.00 dini hari tadi. Kemudian setelah mengetahui dirinya lulus, ia dan teman-temannya sepakat untuk bertemu di sekolah pada hari ini.

“Kami ke sekolah mau mengambil undangan perpisahan, lalu kumpul-kumpul, dan akhirnya jadi ikut corat-coret. Ini (seragam penuh corat-coret) buat kenang-kenangan, karena setelah ini kan kami berpisah, tidak satu sekolah lagi,” ujar Bianda.

Teman Bianda, Rifki, bahkan berencana untuk melanjutkan aksi corat-coret itu dengan turun ke jalan, untuk mengungkapkan rasa bahagia atas kelulusannya. “Habis corat-coret biasanya konvoi di jalan. Tapi belum tahu ke mana, karena biasanya dadakan,” ungkap Rifki.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMU Negeri 6 Jakarta, Siti Mukhlisoh, menuturkan pihak sekolah memaklumi aksi coret-coret yang dilakukan para murid mereka. “Lebih baik mereka (corat-coret) di dalam sekolah, daripada di luar sekolah dan merugikan fasilitas umum. Lagipula aksi coret-coret ini kan dipantau oleh guru,” kata dia. (umi)

Menlu Retno Marsudi di Pertemuan Tingkat Tinggi Mandat Resolusi PBB di New York

RI Gagas Pemberian Hak Istimewa Palestina di Sidang PBB, Selangkah Lagi Anggota Penuh

Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada Jumat, 10 Mei 2024, mengambil langkah terobosan dengan mengesahkan pemberian hak-hak istimewa bagi Palestina.

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024