Car Free Day Diusulkan di Gatot Subroto

Car Free Day
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Walikota Jakarta Selatan, Syahrul Effendi, mengatakan tingginya pertumbuhan kendaraan bermotor di DKI Jakarta turut menyumbang polusi udara secara signifikan. Untuk mengurangi polusi udara, telah diberlakukan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (Car Free Day) secara berkala di kawasan Sudirman hingga Rasuna Said.

Heru Budi Dinilai Layak Lanjut Jadi Gubernur Jakarta, Angka Kepuasan Publik Capai 60 Persen

Rencananya, kata Syahrul, pemberlakukan Car Free Day diperluas hingga ke Jalan Gatot Subroto karena tingginya minat masyarakat mengikuti kegiatan itu.

"Kami hitung yang bersepeda saja dulu awalnya paling banyak hanya 100 ribu. Sekarang, bisa 200 sampai 300 ribu orang naik sepeda setiap minggunya," kata Syahrul.

Menurut Syahrul, pihaknya sudah mengajukan ke gubernur beberapa jalan yang ada di Jakarta Selatan, termasuk Gatot Subroto. Dia mengusulkan program Car Free Day bisa juga dikombinasikan dengan penambahan lajur untuk sepeda. Mengingat saat ini kegiatan bersepeda sudah menjadi gaya hidup warga perkotaan terutama Jakarta.

"Perkiraan saya jika yang bersepeda sebanyak 300 ribu, berarti ada 100 ribu kendaraan bermotor yang tidak beroperasi. Itu cukup signifikan mengurangi polusi udara,” ucapnya.

Lajur Sepeda

7 Tahun Tutupi Perilaku Andrew Andika, Tengku Dewi: Orang Liatnya Happy Family

Pemerintah juga sedang berencana menambah lajur sepeda di sepanjang aliran Kanal Banjir Timur (KBT). "Sepanjang KBT masuk dalam rencana program penambahan lajur sepeda sejauh 50 kilometer, dan saat ini sudah mulai dikaji," tambahnya.

Selama ini jalan bebas kendaraan diberlakukan di kawasan Jalan Sudirman hingga MH Thamrin. Jalur cepat di ruas jalan itu ditutup mulai dari Bundaran Senayan hingga Bundaran Bank Indonesia sejak pukul 06.00 sampai 12.00 WIB.

Untuk itu, kendaraan pribadi dan kendaraan umum hanya bisa melintas di jalur lambat. Sementara busway beroperasi normal. Sedangkan di Jakarta Utara, car free day diberlakukan di Jalan Boulevard Raya Kelapa Gading. (ren)

ilustrasi ambulans.

Geger Warga Tangsel Temukan Mayat Pria Terbungkus Sarung, Polisi: Korban Diduga Dibunuh

Mayat pria yang terbungkus sarung itu ditemukan warga di wilayah Perumahan Makadam, Pamulang, Kota Tangerang Selatan atau Tangsel.

img_title
VIVA.co.id
12 Mei 2024