IPW Pertanyakan Penanganan Kasus Rasyid

Rasyid Amrulah Rajasa Diperiksa Ditlantas Polda Metro Jaya
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Indonesia Police Watch (IPW) meminta Komisi III DPR RI yang membidangi pengawasan hukum agar mengkritisi alasan Kepolisian dalam menangani kasus M Rasyid Amrullah Rajasa sebagai tersangka kasus kecelakaan mobil yang menewaskan dua orang.

"IPW mengimbau agar Komisi III DPR mempertanyakan sikap-sikap Polri dalam memproses kasus Rasyid," ujar Ketua Presidium IPW Neta S Pane dalam keterangan tertulisnya, Sabtu 12 Januari 2013.

Menurut Neta, jika memang ada keistimewaan yang diberikan Ditlantas Polda Metro Jaya kepada Rasyid selaku anak pejabat, itu akan mencederai rasa keadilan masyarakat.

Kondisi Terkini Calon Siswa Bintara Polri Usai Dibegal hingga Jari Terputus di Kebon Jeruk

Sebelumnya, Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Rikwanto, menjelaskan bahwa keluarga Rasyid menjamin anak bungsu Menteri Koordinator Bidang Perekonomian itu tidak akan melarikan diri dan bertanggungjawab.

"Terhadap tersangka Rasyid tidak dilakukan penahanan dan pihak keluarga sebagai penjaminnya," ujar Rikwanto, Sabtu 12 Januari 2013.

Rikwanto menambahkan, saat ini Rasyid sudah dinyatakan sembuh oleh tim dokter RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur. Kemudian Rasyid diperbolehkan pulang dan dijemput oleh pihak keluarga pada Jumat pukul 17.00 WIB.

Dokter, kata Rikwanto, memastikan bahwa Rasyid sembuh secara fisik dan psikis. Pemeriksaan terhadap tersangka Rasyid juga sudah dinyatakan selesai. "Berkas perkaranya hari jumat 11 januari 2013 sudah dilimpahkan ke Kejaksaan," kata Rikwanto.

Kecelakaan maut antara mobil BMW X5 B 272 HR yang dikendarai oleh M Rasyid Amirullah Rajasa dengan mobil Luxio F 1622 CY mengakibatkan korban tewas dan luka-luka. Peristiwa itu terjadi pada 1 Januari 2013 sekitar pukul 05.45 WIB di KM 3+350 tol Jagorawi arah Bogor. (sj)

Gunung Ibu di Halmahera Barat Meletus. (Dok. BNPB

PVMBG: Gunung Ibu di Maluku Utara Meletus Lontarkan Abu Vulkanik Setinggi 5 Kilometer

PVMBG melaporkan adanya aktivitas letusan yang terjadi di Gunung Ibu dengan ketinggian abu vulkanik mencapai lima kilometer dari puncak gunung berapi tersebut.

img_title
VIVA.co.id
15 Mei 2024