Hotel Indonesia Kempinski Diresmikan 20 Mei

VIVAnews - Hotel Indonesia berganti nama menjadi Hotel Indonesia Kempinski. Hotel bintang lima pertama di Asia Tenggara itu akan diresmikan pada 20 Mei 2009.

"Hotel Indonesia Kempinski ini hadir dengan menggabungkan unsur lokal Indonesia dan kemewahan modern khas Kempinski," kata Gerhard E. Mitrovits, General Manager Hotel Indonesia Kempinski, pada acara soft opening 28 Februari lalu.

Hotel Indonesia pertama diresmikan Presiden Soekarno pada 5 Agustus 1962. Sebagai hotel bintang lima tertua di Indonesia, hotel itu kemudian ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya oleh pemerintah.

Namun pada 2004, hotel bersejarah itu berpindah ke swasta di bawah pengelolaan jaringan Kempinski. Kempinski sudah berpengalaman mengelola hotel-hotel tua di Eropa, Timur Tengah, Afrika, dan Asia. Jatuhnya hotel bersejarah ke tangan swasta ini pun menuai protes para pemerhati budaya.    

Hotel Indonesia Kempinski memiliki fasilitas modern dengan hampir 300 kamar yang terbagi dalam kelas Deluxe Room, Grand Deluxe Room, Studio Suites seluas antara 58 meter persegi dan 63 meter persegi, dan Presidentential Suite seluas 512 meter persegi.