Operasional Bus Sumbangan untuk DKI Terganjal Kemenhub

Bus Mercedez Benz sumbangan untuk Pemprov DKI
Sumber :
  • Halte Bus
VIVA.co.id
Ahok: Jakarta Tak Kalah dari London
- Lima unit bus Mercedes Benz yang disumbangkan Tahir Foundation, pada 5 Desember 2014, tidak juga bisa dioperasikan oleh Pemprov DKI Jakarta, lantaran terganjal oleh aturan pemerintah.

Bus Tingkat Seharga Rp3,8 Miliar Ikut Meriahkan IIMS

Kementerian Perhubungan disebut bersikeras bahwa rangka konstruksi kelima bus itu berbeda dengan aturan dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 55 Tahun 2012 tentang Kendaraan.
Bus Tingkat Ramah Penyandang Disabilitas Mulai Beroperasi


Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, yang biasa disapa Ahok, Rabu, 22 April 2015, menyebut persoalan ada pada direktur jenderal Perhubungan Darat, yang bersikeras soal aturan itu.


Sikap Kemenhub pun dinilai janggal, lantaran tidak konsisten dalam menerapkan aturan. Contohnya, adalah truk kontainer, molen hingga berbagai angkutan bus Kopami dan Kopaja.


"Itu semua sasisnya juga sama, tidak sesuai aturan," kata Ahok. Semula, lima bus itu akan digunakan, untuk menambah armada bus gratis pada jalur di mana sepeda motor telah dilarang.


PP No. 55/2012 mengatur bus di jalan raya harus memiliki jumlah berat bruto (JBB) antara 21-24 ton, sedangkan lima bus Mercedes Benz menggunakan sasis tipe 1836 yang lebih ringan.


Demi memenuhi spesifikasi teknis yang ditetapkan Kemenhub, bus-bus itu kini sedang dibongkar oleh perusahaan karoseri di Kudus, Jawa Tengah. "Pokoknya dibongkar habis. Rugi saja sudah, keluar duit lagi," ucap Ahok.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya