Polisi Dalami Motif Kebakaran Gedung Komnas PA

kondisi kantor komnas pa usai terbakar
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Kepolisian masih mendalami penyebab kebakaran yang terjadi di Gedung Komnas Perlindungan Anak pada Sabtu, 27 Juni 2015.

80 Persen Data Hangus di Kebakaran Kantor Komnas PA

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Muhammad Iqbal mengatakan, saat ini tim gabungan dari Polres Jakarta Timur dan Tim Labfor Mabes Polri sedang melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP).

"Polres Jakarta Timur dan Tim Labfor Mabes Polri melakukan olah TKP untuk menemukan bukti-bukti penyebab kebakaran tersebut," ujarnya di Mapolda Metro Jaya, Senin, 29 Juni 2015.

Polisi Belum Temukan Unsur Sabotase di Kebakaran Komnas PA

Setelah melakukan olah TKP, tahapan berikutnya adalah mengumpulkan bukti-bukti dan setelahnya akan dianalisa sehingga keluar penyebab kebakaran.

"Saksi-saksi sudah lima orang yang dimintai keterangan oleh penyidik. Saksi tersebut dari Komnas PA dan tetangga dari masyarakat yang mengetahui pertama kali kejadian," ujar Iqbal menambahkan.

Berkas Kasus Engeline Selamat dari Kebakaran Komnas PA

Mengenai dugaan adanya kesengajaan dalam insiden kebakaran tersebut, Iqbal menjelaskan sampai saat ini polisi masih mendalami apakah memang ada unsur kesengajaan atau tidak.

"Masih didalami. Untuk kesengajaan masih didalami. Sangat tergantung dengan pengolahan tempat kejadian perkara oleh tim labfor Mabes Polri," ujar Iqbal.

Iqbal mengatakan, pihak kepolisian harus hati-hati dalam menyimpulkan penyebab kebakaran tersebut.

"Polisi tetap melakukan tahapan-tahapan penyelidikan berdasarkan alat bukti. Maka dari itu, kepolisian mengumpulkan semua keterangan saksi, mengumpulkan semua alat bukti, menganalisa dengan labfor seperti sekarang ini hingga disimpulkan nanti apa penyebab kebakaran."

Sebelumnya, Kantor Komnas PA di Jalan TB Simatupang, Pasar Rebo, Jakarta Timur pada Sabtu malam, 27 Juni 2015 dilalap api. Meski api berhasil dipadamkan, namun beberapa dokumen milik Komnas PA ludes dilalap si jago merah.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya