Ahok: TNI Paling Berhasil Mereformasi Diri

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok
Sumber :
  • Fajar GM - VIVA.co.id
VIVA.co.id
Menilik Pembangunan Jalan di Desa Ciririp, Kado HUT TNI
- Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama memuji Tentara Nasional Indonesia (TNI) pada Hari Ulang Tahun ke-70. Dia menilai TNI sebagai lembaga yang paling berhasil mereformasi diri di masa reformasi.

Paska Indonesia lepas dari kekuasaan rezim orde baru, TNI berani meninggalkan segala macam bisnis serta tidak campur tangan dalam politik praktis. TNI menjadi lembaga penyeimbang, mengawal kedaulatan sipil dalam sistem negara demokrasi yang dianut Indonesia.

Cara Grand Depok City Peringati HUT TNI

"Harus kita akui bahwa kalau kita bicara reformasi, lembaga yang paling berhasil mereformasi diri adalah TNI hingga saat ini," ujar Ahok, sapaan akrab Basuki, usai menjadi Inspektur dalam Upacara Peringatan ke-70 Hari Ulang Tahun TNI di Lapangan Jayakarta, Makodam Jaya, Cililitan, Jakarta Timur, Senin, 5 Oktober 2015.

Pada hari ini, Ahok bersama para kepala daerah di daerah lain ditunjuk menjadi inspektur dalam upacara yang diselenggarakan TNI untuk memperingati hari ulang tahunnya. Presiden Joko Widodo juga memimpin upacara serupa dalam cakupan nasional di Cilegon, Banten.

HUT ke-70, Reformasi TNI Masih Belum Tuntas

Ahok mengatakan hal tersebut merupakan puncak dari upaya TNI untuk 'manunggal' atau bersatu dengan rakyat. TNI, tidak seperti militer di beberapa negara, tidak menggunakan kekuatannya untuk melawan negara. TNI justru bekerja menjamin kedaulatan tertinggi negara tetap berada di tangan rakyat.

"TNI betul-betul menaklukkan dirinya untuk NKRI di bawah supremasi masyarakat sipil di mana mereka diberi mandat," ujar Ahok. (ren)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya