Kali Laya Meluap, Depok Siapkan Proyek Sodetan

Banjir di pemukiman warga di Cimanggis, Depok.
Sumber :
  • Viva.co.id/Zahrul Darmawan

VIVA.co.id – Pemerintah Kota Depok akhirnya angkat bicara terkait banjir yang kerap melanda di kawasan Perumahan Taman Duta dan Bukit Cengkeh, Cimanggis, Depok Jawa Barat. Pemkot Depok mengaku sedang bekerja untuk mengatasinya.

Air Kali Cabang Tengah Meluap, Simpang Mampang Depok Banjir dan Jalanan jadi Macet

"Segera sedang kita lakukan upaya solusinya. Kita sedang tunggu pengerjaan gorong-gorong Tol Cijago yang aliran airnya mengarah Kali Laya," ucap Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna saat ditemui VIVA.co.id, di Balaikota Depok, Sabtu 18 Juni 2016.

Teknisnya, lanjut Pradi, nanti akan dibuat sodetan sehingga sebagian air tidak akan meluap di kawasan tersebut. "Pengerjaan kita agendakan secepatnya, begitu proses gorong-gorong tol berjalan, maka sodetan kita mulai," katanya.

Hujan Deras Guyur Depok, Rutan hingga Rumah Warga Terendam Banjir

Selain sodetan, Pradi juga akan menyiapkan pengerukan di kali yang melintasi pemukiman Taman Duta dan Bukit Cengkeh. "Yang jelas kita sedang memantapkan konsep karena ini dataran rendah di mana kali lebih tinggi dari pemukiman," ujarnya.

Hujan deras yang terjadi sejak Jumat malam hingga Sabtu pagi, membuat ratusan rumah di wilayah Cimanggis, Depok kembali terendam banjir. Hingga siang tadi, ketinggian air mencapai 50 senti meter. Sejumlah warga mengaku pasrah dengan kondisi ini.
         
"Mau bagaimana lagi, kita cuma bisa berharap ada langkah konkret dari Pemerintah Depok," kata Iwan, warga Tugu, Cimanggis Depok. Banjir ini terjadi lantaran tanggul Kali Laya tak bisa menahan volume air. Akibatnya, air Kali pun meluber menggenangi pemukiman warga.
               

Manjakan Warga Depok, Ridwan Kamil: Kalau Bahagia Imun Juga Naik
Anak-anak bermain air banjir di Simpang Mampang, Pancoran Mas, Kota Depok

Lokasi Banjir di Simpang Mampang Kota Depok Jadi Waterboom Dadakan

Banjir yang terjadi di Simpang Mampang, Pancoran Mas menjadi wahana bermain air atau waterboom dadakan bagi anak-anak

img_title
VIVA.co.id
30 November 2023