Sudah 39 Makam Fiktif Ditemukan di TPU Jakarta Timur

Pembongkaran makam fiktif
Sumber :
  • VIVA.co.id/Foe Peace Simbolon

VIVA.co.id – Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Pemakaman Jakarta Timur, Christian Tamora Hutagalung mengatakan, telah menemukan 39 makam yang ternyata fiktif di wilayahnya. Sejauh ini, ada empat tempat pemakaman umum (TPU) yang sudah ditemukan ada makam fiktif, yakni TPU Pondok Rangon, TPU Pondok Kelapa, TPU Penggilingan, dan TPU Utan Kayu (Kemiri).

"Dari empat makam itu, baru 39 makam fiktif yang kita temukan. Saya tidak mengatakan 39 ini akan close (berakhir), ini masih terus kita identifikasi," ujar Christian di TPU Pondok Rangon, Cipayung, Jakarta Timur, Senin, 25 Juli 2016.

Ditambahkan Christian, empat makam itu termasuk dalam 10 TPU terbesar di Jakarta Timur. Penelusuran akan dilakukan di seluruh TPU yang berada di Jakarta Timur, yang jumlahnya mencapai 30 TPU. Karena itu, jumlah makam fiktif diperkirakan masih akan bertambah.

"Ada 30 TPU di Jakarta Timur, kita masih berlanjut. Nanti, tetap kita jelajahi seluruhnya," katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Suku Dinas Pertamanan dan Pemakaman Jakarta Timur, menemukan 28 makam fiktif di TPU Pondok Rangon. Puluhan makam tersebut, langsung dibongkar oleh petugas.

Dalam melakukan identifikasi makam fiktif, Sudin Pertamanan dan Pemakaman Jakarta Timur, menggunakan panduan dari Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta. Seperti adanya gundukan, tetapi tidak ada nisan, atau ada nisan tapi tidak ada gundukan.

Pemilik Makam Fiktif Harus Secepatnya Kembalikan Izin

Pengecekan kemudian dilakukan menggunakan besi yang ditancapkan ke dalam makam, ternyata banyak makan yang ternyata kosong. Gundukan makam yang dicurigai fiktif juga diperiksa izin penggunaan tanah makam (IPTM) nya. Ahli waris yang tercatat juga dihubungi untuk memastikan benar tidaknya makam tersebut. (asp)

Ziarah di suatu pemakaman umum.

Di Banten, Meninggal Dunia Wajib Siapkan Uang Rp3 Juta

Warga mengeluhkan biaya pemakaman terlampau besar

img_title
VIVA.co.id
24 Agustus 2016