Djarot Usul Pemikiran Proklamator Masuk Pelajaran Wajib

Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Ade Alfath

VIVA.co.id – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat mengajak generasi muda meneladani nilai-nilai kepahlawanan dari proklamator bangsa. Untuk itu, dia mengusulkan agar pemikiran tokoh-tokoh proklamator, seperti Bung Karno dan Bung Hatta masuk dalam pendidikan wajib sejak sekolah dasar (SD) hingga perguruan tinggi.

Sandiaga Sowan ke Probosutedjo, Djarot Senyum-senyum

"Bagaimana anak-anak kita sejak SD sampai kuliah diwajibkan mempelajari pemikiran proklamator kita," katanya saat memperingati hari kelahiran Wakil Presiden pertama Indonesia Hatta, di kompleks pemakaman Tanah Kusir, Jakarta, Jumat, 12 Agustus 2016.

Dia menilai, tak banyak lagi anak-anak muda yang tahu akan ketokohan para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan bangsa.

Wagub Djarot Keberatan Diminta Cuti oleh KPUD

"Banyak yang tidak tahu kalau makam Bung Hatta di Tanah Kusir. Bagaimana mereka meneladani nilai yang diwariskan beliau kalau tidak tahu sosok Bung Hatta," ujar Djarot.

Menurut Djarot, generasi muda saat ini menghadapi tantangan yaitu masuknya nilai-nilai dan kebudayaan dari luar. Sehingga, kebanyakan dari mereka terbuai dan melupakan kebanggaan mereka atas bangsa Indonesia. Padahal, kemerdekaan Indonesia direbut dengan susah payah oleh para proklamator. Dari para pahlawan itu, banyak nilai-nilai nasionalisme yang patut diteladani.

Sebagian Jakarta Masih Banjir, Ini Penyebabnya
Rapat Kerja DPRD DKI Jakarta

Akhirnya, Warga Jakarta Bakal Punya Wagub Maret Nanti

Kandidat wagub DKI yakni Ahmad Riza Patria dan Nurmansjah Lubis.

img_title
VIVA.co.id
18 Februari 2020