Tahun Baru, Pengguna KRL Melonjak 30 Persen

Ilustrasi kereta api.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Irfan Laskito

VIVA.co.id – Mengawali tahun 2017, dan masih dalam suasana masa liburan, sejumlah stasiun KRL dipadati oleh pengguna jasa. PT KAI Commuter Jabodetabek merilis, pada 1 Januari 2017 kemarin, jumlah penumpang Stasiun Jakarta Kota tercatat 67.935, atau naik 150 persen dibandingkan hari libur normal, yaitu 26.557 pengguna.

Kecelakaan KA Rajabasa Tabrak Bus dan Timbulkan Korban Jiwa, KAI Soroti Disiplin Lalu Lintas

Sedangkan untuk Stasiun Bogor, meningkat 71 persen ke angka 64.249 dari yang biasanya 37.464 penumpang per hari pada Sabtu atau Minggu biasa.

"Secara keseluruhan, jumlah pengguna jasa KRL pada 1 Januari 2017, tercatat mencapai 792.594, sedangkan pada hari libur biasa pengguna hanya berkisar 600 ribu sampai dengan 630 ribu per hari atau meningkat sekitar 30 persen," kata Eva Chairunisa, VP Corporate Communications PT KCJ, Senin 2 Januari 2016.

Bus Putra Sulung Tertabrak Kereta Api di OKU Timur, Penumpang Berhamburan

Mengingat pada musim libur cukup banyak pengguna yang memakai tiket harian, maka untuk fasilitas pelayanan transaksi tiket, PT KAI Commuter Jabodetabek (PT KCJ) mengoperasikan unit perangkat loket sementara (POS Mobile) sebagai loket tambahan di sejumlah stasiun yang saat ini dipadati penumpang.

POS Mobile dioperasikan di Bogor (empat unit), Jakarta Kota (lima unit), Manggarai (dua unit), Tebet (dua unit), Juanda (dua unit), dan Bekasi (dua unit).

KAI Diskon Tiket 20 Persen di Promo Bursa Pariwisata, Catat Rute-rutenya

Selain perangkat transaksi tiket, sejumlah petugas seperti pelayanan, kebersihan dan pengamanan juga ditambah hingga dua kali lipat pada stasiun yang padat pengguna.

"PT KCJ mengimbau bagi para penumpang yang ingin lebih praktis dalam menggunakan KRL pada musim libur ini untuk menggunakan Kartu Multi Trip (KMT). Dengan menggunakan KMT, pengguna dapat langsung menuju gate dan tidak perlu antre di loket setiap akan melakukan perjalanan selama saldo pada KMT mencukupi," kata Eva.

Sementara itu, bagi calon penumpang yang masih ingin menggunakan Tiket Harian Berjaminan (THB) diimbau agar menggunakan THB Pergi Pulang (THB PP), untuk menghindari antre di stasiun tujuannya saat akan menggunakan kereta kembali untuk perjalanan pulang.

THB PP akan mempermudah para calon penumpang dalam melakukan perjalanannya, karena hanya perlu melakukan satu kali transaksi pergi-pulang di loket stasiun keberangkatan dengan relasi yang sama.

Selain itu, PT KCJ juga mengimbau para pengguna untuk tetap menjaga keselamatan diri dan putra putrinya, serta selalu memperhatikan barang bawaannya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya