Tim Psikologi Kepolisian Diturunkan Atasi Korban Kapal Zahro

Tim psikologi tangani korban selamat kapal Zahro Express
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Anwar Sadat

VIVA.co.id – Tim Psikologi Polda Metro Jaya membuka pelayanan untuk para korban selamat dari kebakaran kapal Zahro Express, di Rumah Sakit Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur,. Pelayanan tersebut dibuka mulai Selasa, 3 Januari 2017.

Bus Pelat Merah Penyebab KMP Royce 1 Terbakar Milik Kemendag, Mau Antar Rombongan Nikah

Kepala Bagian Psikologi Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Polisi Hary Prasetya mengatakan, layanan ini pertama kali dilakukan untuk korban kapal Zahro. Ada 10 anggota kepolisian yang dikerahkan untuk membantu memulihkan trauma para korban dan keluarga atas kejadian tersebut.

"Dari tim psikologi Polda kami bawa 10. Tujuannya untuk membantu memulihkan trauma korban maupun keluarga korban yang alami kecelakaan usai terbakarnya KM Zahro," kata Hary di RS Polri, Jakarta Timur, Selasa, 3 Januari 2017

Kepanikan dan Tangisan Penumpang saat Tahu Kapal KMP Royce 1 Terbakar

Jika tidak dipulihkan kembali psikisnya, menurut Hary, kehidupan sehari-hari korban bisa terganggu. "Peristiwa mendadak membawa akibat yang luar biasa itu biasanya menimbulkan trauma. Itu gejalanya cuma satu takut saja. Kami ingin bantu mereka, intinya bisa kembalikan lagi kehidupannya agar normal enggak trauma," ujarnya.

Menurut Hary, ada beberapa  cara yang digunakan untuk menghilangkan trauma. Bisa melalui pendekatan, relaksasi dan hipnoterapi. "Bisa juga dengan sedikit teknik lainnya dalam ilmu psikologi, mudah-mudahan bisa menghilangkan trauma," kata Hary. (ase)
 

Detik-detik Kapal Feri KMP Royce I Terbakar di Perairan Merak, Ratusan Penumpang Panik
VIVA Militer: Prajurit TNI AL dikerahkan padamkan api di KM Mutiara Berkah I

KM Mutiara Berkah I yang Angkut 136 Truk Terbakar Hebat di Merak, Prajurit Lanal Banten Dikerahkan

KM Mutiara Berkah I yang terbakar hebat di Dermaga Merak membawa penumpang dan 135 kendaraan roda empat

img_title
VIVA.co.id
6 September 2023