4.000 Daging Kurban Dibagikan Sekitar Istiqlal

Ilustrasi sapi kurban di Masjid Istiqlal.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Jeffry Yanto

VIVA.co.id – Panitia pemotongan hewan kurban Masjid Istiqlal, menyiapkan 4.000 kantong berisi daging yang akan dibagikan ke masyarakat. 

Tips Usir Bau Prengus Daging Qurban

Jumlah kantong kurban itu disebut mengalami penurunan lantaran jumlah sapi dan kambing yang diberikan masyarakat tidak sebanyak dibanding tahun sebelumnya. 

"Kami perkirakan tahun ini menurun sedikit sekitar 4.000 kantong," kata Kepala Bagian Protokol Masjid Istiqlal, Abu Hurairah usai Salat Id di Masijd Istiqlal, Jakarta, Jumat 1 Agustus 2017. 

Cara Olah Daging Kurban agar Tak Alot

Abu mengatakan, tahun ini sebanyak 27 ekor sapi dan 26 ekor kambing disumbangkan oleh masyarakat dan pejabat kepada pengurus Istiqlal. Jumlah itu berbeda dibanding tahun sebelumnya yakni sebanyak 32 ekor. 

Ia menyebut, penerima daging kurban diperkirakan akan berkurang seiring jumlah sapi dan kambing yang diterima oleh pengurus. 

Berkurban di Istiqlal, Gereja Katedral Pertegas Komitmen Persaudaraan

"Tahun lalu mendapat 6.000 kantong artinya 6.000 Kepala Keluarga yang dapat menikmati," ujarnya. 

Namun Abu menyatakan, pola pendistribusian daging kurban tahun ini berbeda. Pengurus Masjid Istiqlal tidak membagikan kupon, melainkan mendatangi rumah masyarakat dan pendataan atas koordinasi kantor kelurahan setempat.

Pendistribusian itu, tegas dia, akan memprioritaskan masyarakat yang digolongkan tidak mampu atau lebih membutuhkan. 

"Setiap tahun kita perbaharui, siapa yang berhak mendapat hewan kurban ini dengan bekerja sama dengan RT dan RW, Kelurahan, Masjid, Musala atau rumah yatim sekitar Masjid Istiqlal," ujarnya. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya