Nyebur ke Kolam, Azis Selamat dari Kebakaran Gudang Mercon

Sejumlah petugas mengevakuasi para korban kebakaran Gudang mercon di Kosambi Tangerang, Kamis (26/10/2017). Sebanyak 47 orang dilaporkan tewas.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

VIVA – Azis, salah satu pegawai pabrik kembang api dan mercon di Kosambi, Tangerang, berhasil lolos dari kebakaran hebat yang melanda tempat kerjanya. Dia selamat dari kejadian itu setelah berendam di kolam kecil berisi air pembuangan adukan pasir untuk petasan banting.

Rumah Produksi Mercon Meledak, Satu Orang Meninggal

Kebakaran terjadi Kamis, 26 Oktober 2017, sekitar pukul 09.00 WIB. Saat itu, menurut Azis, para pegawai tengah sibuk bekerja. Tiba-tiba muncul api dari dekat gerbang utama pintu masuk. Ketika itu, ia berada dalam jarak sekitar lima meter dari munculnya api.

Azis dan rekan-rekannya panik. "Saya kaget, ngomong aja susah, saya langsung keluar. Terus ada kolam, saya nyebur ke sana," ujarnya dalam perbincangan dengan tvOne, Sabtu, 28 Oktober 2017 pagi.

Korban Pabrik Mercon Diberi Santunan dari Dana Bencana

Kolam itu berjarak sekitar 10 meter dari lokasi api. Saat kejadian, teman-temannya yang juga berendam di kolam tersebut. "Muat sekitar 10 orang di kolam," ujarnya. Setelah itu, ia berusaha keluar. "Saya keluar lewat jalan tikus," katanya. 

Menurut Azis, api berasal dari lokasi tempat menjemur kembang api  dan petasan yang sudah dikemas. Barang-barang itu biasa dijemur di sana. "Dijemurnya satu hari," ujarnya.  

Tiga Korban Ledakan Pabrik Mercon Dipulangkan

Kebakaran gudang mercon di Kosambi, Tangerang terjadi Kamis, 26 Oktober 2017. Akibatnya, 47 orang tewas dan 46 orang lainnya luka-luka. Hingga kini, 10 orang pekerja pabrik itu masih belum jelas keberadaannya. (ren)

Pegawai membersihkan ruangan di RSUD Kota Tangerang setelah kejadian kebakaran.

Kebakaran, Tiga Hari Lagi Operasional RSUD Tangerang Normal

Listrik belum pulih, hanya berfungsi sebagian di lantai 1 saja.

img_title
VIVA.co.id
26 Februari 2019