Tak Cuma UI, Pemerintah Kirim Kampus Lain ke Asmat

Anggota BEM UI diamankan usai unjuk rasa kedatangan Jokowi
Sumber :

VIVA – Presiden Joko Widodo akan mengirim Ketua Badan Eksekutif Muda Universitas Indonesia, Mohammad Zaadit ke Asmat Papua, setelah peristiwa kartu kuning yang ia terima pada Jumat, 2 Februari 2018 lalu di Balairung UI Depok.

Zodiak yang Berpeluang Kaya Tahun Ini, 5 Suku Terkuat di Indonesia

Atas dasar itu pula, Menteri Sosial Idrus Marham mengatakan semua terbuka untuk bisa ke lokasi wabah gizi buruk di Asmat.

"Saya ini mantan aktivis tentu akan berkoordinasi semuanya, dan sekarang ini saya Mensos. Jadi bagi teman-teman yang berkoordinasi secara bersama-sama merespons permasalahan bangsa," ujar Idrus di Istana Negara, Jakarta, Senin, 5 Februari 2018.

Ratusan Rumah, Kios dan Ruko di Asmat Ludes Terbakar

Untuk membantu Asmat, di mana daerah tersebut terisolasi, menurut Idrus, memang harus dilakukan secara bersama-sama. Tidak hanya dari unsur mahasiswa, tapi juga organisasi seperti Komite Nasional Pemuda Indonesia.

Tonton Video Jokowi Dikartu Kuning

Suami-Istri Italia Bangga Promosikan Budaya Suku Asmat

Maka, Idrus sepakat kalau ingin menyelesaikan masalah di Papua, memang harus terjun ke lokasi. "Ada tahapan-tahapannya. Enggak hanyalah UI lah, ini Unhas sudah jalan nih," kata Idrus. 

Meski begitu, Idrus mengaku belum sempat berkoordinasi dengan pihak BEM UI. Namun ia yakin, kalau semua elemen bersama-sama, masalah bisa diselesaikan.

"Kalau ada niat baik, permasalahan besar bisa jadi kecil, permasalahan kecil bisa kita atasi," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya