Jokowi Minta Kampus di Indonesia Ada Fakultas Kopi dan Bola

Presiden Jokowi saat meninjau kondisi Stadion Gelora Bung Karno beberapa waktu lalu
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA – Presiden Joko Widodo berharap seluruh universitas di Indonesia dapat menyediakan fakultas khusus yang berkonsentrasi dalam pendidikan mengenai kopi atau sepak bola.

Hasil Laga Sepakbola: Spurs Tersingkir, Persib dan ManCity Perkasa

"Bisa jurusannya kopi tubruk, kopi expresso, dan coffee latte. Kalau enggak, bisa juga di fakultas perkebunan, jurusannya kopi atau cokelat," kata Jokowi saat membuka Forum Rektor Indonesia di Universitas Hasanuddin Makassar, Kamis, 15 Februari 2018.

Inovasi dari perguruan tinggi, menurut Jokowi, sudah menjadi kebutuhan untuk pembangunan negeri. Karena itu, hadirnya fakultas dan jurusan yang inovatif harus disiapkan dan dirancang oleh para rektor.

5 Dampak Konflik Rusia-Ukraina di Dunia Sepakbola

Selain itu, Jokowi menyampaikan keinginannya untuk mengembangkan pertanian di Indonesia yang kaya akan rempah-rempah. Menurut dia, adanya fakultas dan jurusan dengan konsentrasi ilmu yang lebih spesifik, bisa meningkatkan industri di Tanah Air.  

"Di Indonesia, ada 13 juta hektare lahan sawit. Perlu bidang yang khusus untuk mengurusnya. Industri sawit juga bagus, masa tidak ada yang ngurus itu," katanya.

Bus Tim Sepakbola Terkena Ledakan dalam Perjalanan untuk Tanding

Ia juga menyayangkan tidak adanya fakultas ataupun jurusan di perguruan tinggi negeri yang fokus pada bidang sepak bola. Ia berharap, di antara ratusan rektor, ada yang berani untuk membuka fakultas sepakbola. 

"Tidak ada fakultas bola, sepak bola kita kalah terus, karena universitas kita enggak buka itu. Coba dari dulu itu ada, pasti sudah juara," tutur mantan gubernur DKI Jakarta itu.

Pemain Liverpool merayakan gol ke gawang Arsenal

Jadwal Siaran Langsung Sepakbola: Liverpool, PSG dan Madrid Beraksi

Sederet pertandingan menarik bakal tersaji dari dunia sepakbola, Sabtu-Minggu dini hari WIB 6 Maret 2022. Mulai dari Liverpool hingga Real Madrid beraksi.

img_title
VIVA.co.id
5 Maret 2022