Polisi: Ribuan Eks Saracen Bermigrasi ke MCA

Para penyebar sindikat hoax di Jawa Timur diringkus beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

VIVA – Polisi mencurigai ada eks anggota Saracen yang tergabung dalam Muslim Cyber Army (MCA). Mereka bergabung ke MCA setelah bos dan sejumlah anggota Saracen ditangkap.

Tanggapi Berita Hoax, Depe: Setiap yang Viral, di Situ Ada Dewi Perssik!

"Eks Saracen jumlah anggotanya ribuan. Begitu saracen itu, para pelakunya, dedengkotnya, ditangkap kan banyak juga (anggota Saracen) yang melakukan migrasi di dalam dunia maya," kata Komisaris Besar Polisi Sulistyo Pudjo, analis kebijakan madya Divisi Hubungan Masyarakat Mabes Polri, di Jakarta pada Rabu, 7 Maret 2018.

Perpindahan bekas anggota komunitas penyebar berita bohong atau hoax Saracen ke kelompok baru MCA, menurut Pudjo, sebenarnya bukan hal sulit. Soalnya semua dilakukan melalui dunia maya, terutama media sosial. Syaratnya cukup mudah, yaitu memiliki kesamaan visi.

Dikabarkan Meninggal Dunia, Gilang Dirga Tak Marah, Kenapa?

Bukan mustahil migrasi atau perpindahan anggota itu terjadi pada kelompok lain, umpamanya setelah dedengkot MCA ditangkap lalu muncul komunitas serupa kelak.

Meskipun begitu, Pudjo belum memastikan administrator MCA yang ditangkap adalah eks Saracen atau tidak. Identitas orang atau kelompok kemesan ujaran kebencian ke MCA juga masih ditelusuri. 

Heboh, Warga Tasikmalaya Diterpa Berita Hoax Kiai Tewas Bersimbah Darah

"Selama ini kami belum memperoleh fakta pemesannya (MCA adalah pendana Saracen), yakni masih dalam proses penyidikan dari Ditsiber (Direktorat Siber Mabes Polri). Itu nanti keterkaitannya didibuktikan apakah ada pendanaannya atau ada orang yang sama dan lain-lain," kata Pudjo.

Raffi Ahmad.

Raffi Ahmad Geram Dituduh Lakukan Pencucian Uang, Begini Responnya

Raffi Ahmad lagi-lagi harus menghadapi kabar yang tidak menyenangkan. Pria yang sering disebut sebagai Sultan Andara ini dituduh terlibat dalam pencucian uang.

img_title
VIVA.co.id
2 April 2024