Ekonom Ini Kenang Probosutedjo saat Menyusup ke Israel

Pengusaha Probosutedjo
Sumber :
  • Antara

VIVA – Sejumlah kerabat dan kolega almarhum Probosutedjo melayat ke kediamannya di kawasan Menteng, Jakarta Pusta, Senin, 26 Maret 2018. Hingga siang ini, terlihat Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan, Wiranto hingga mantan Wakil Presiden Try Sutrisno.

Idrus: Probosutedjo Berperan Besar Bantu Rakyat Miskin

Tampak juga keponakan almarhum, Titiek Soeharto dan beberapa tokoh lainnya. Kolega almarhum yang juga Guru Besar Ekonomi Universitas Indonesia sekaligus suami Meutia Hatta, Sri Edi Swasono, mengaku sangat kehilangan adik Presiden kedua RI Soeharto itu.

Edi melihat Probosutedjo sebagai tokoh yang membela ekonomi pribumi. Bahkan, almarhum sempat memimpin himpunan pengusaha pribumi Indonesia.

Beredar Info Hoax Jelang Pemakaman Probosutedjo

"Saya membantunya. Pembela ekonomi pribumi. Saya kira cintanya kepada ekonomi pribumi sangat tinggi, dan dia selalu prihatin dengan ketertinggalannya kaum pribumi di jalan kehidupan ekonomi," kata Edi di rumah duka, Senin, 26 Maret 2018.

Sebagai sahabat, Edy yang juga istri dari Meutia Hatta itu mengaku baru sekitar sebulan lalu masih sempat bertemu Probosutedjo.

Probosutedjo Akan Dimakamkan di Samping Makam Ayahnya

"Kenangannya yang paling mengesankan adalah saya sama beliau mengajak pergi ke Masjidil Aqsha. Malam-malam dia bersama kami nyelundup sampai ke Israel, sampai ke Tel Aviv," kata Edi.

Terpisah, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno turut belasungkawa atas meninggalnya Probosutedjo. Sandi mengenang almarhum sebagai pengusaha sekaligus mentor dan panutan dalam mengembangkan usahanya. Probosutedjo juga pernah memimpin Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia.

Sandiaga berharap apa yang telah dilakukan Probosutedjo dapat menginspirasi para generasi muda bangsa. Menurut Sandiaga, banyak yang telah dilakukan Probosutedjo untuk Indonesia. Salah satunya yakni mengembangkan usaha dalam dunia pertanian.

"Kami turut berduka cita, dan kami berharap jasa-jasa beliau bisa dihargai dan kita harapkan bahwa nanti mendapatkan inspirasi untuk anak-anak muda untuk bisa membangun usaha pertanian," kata Sandiaga, di Balai Kota DKI, Senin, 26 Maret 2018.

Probosutedjo menghembuskan napas terakhirnya pada Senin, 26 Maret 2018. Pria yang dikenal sebagai seorang pengusaha nasional itu meninggal dunia dalam usia 87 tahun di RSCM, Jakarta. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya