Walikota Hendi Inisiasi Lahirnya Koperasi Forum Dasa Wisma

Walikota Semarang Hendrar Prihadi
Sumber :

VIVA – Walikota Semarang Hendrar Prihadi mengapresiasi atas dikukuhkannya Forum Silaturahmi Dasawisma Kecamatan se-Kota Semarang karena forum ini dapat membantu Kota Semarang untuk memajukan terutama kaum perempuannya dalam hal kesejahteraan, kesehatan, dan lain-lain.

Deretan Fakta Ratusan Motor Gratis dari Wali Kota Semarang buat Lurah

“Selamat kepada Ibu-ibu yang baru saja dikukuhkan. Menurut Saya ini ide yang sangat luar biasa dan unik bagaimana kelompok terkecil kemudian disolidkan, dibuat sebuah pelatihan atau pembekalan untuk mereka terus tumbuh berkembang sehingga dari lapis atas sampai lapis bawah benar-benar bersepakat membantu Semarang untuk menjadi lebih baik lebih hebat,” tuturnya usai menyaksikan pengukuhan tersebut di Ruang Lokarida lantai 8 Kompleks Balaikota Semarang, Senin 4 Juni 2018.

Dikatakan Hendi sapaan akrab Walikota bahwa peran PKK sudah sangat luar biasa. Hal itu bisa dilihat dari sisi prestasinya setiap tahun mulai tingkat provinsi hingga pusat sering dapat penghargaan. Selain itu dari sisi faktual di lapangan PKK banyak membantu terutama kaum Ibu di Kota Semarang.

Pemkot Semarang Bakal Ubah Taman Tegalsari Jadi Taman Pasif untuk Percantik Kota

“Seperti pemberian pemahaman supaya angka kematian ibu dan anak tidak tinggi, pemberian sosialisasi tentang upaya penanganan Demam Berdarah dalam konteks dini, dan seterusnya,” terangnya.

Ia melanjutkan agar forum ini tidak sekedar kumpulan ibu-ibu saja melainkan ada satu sisi yang bisa ditumbuh kembangkan dari sana, yaitu potensi ekonomi dengan membuat sebuah Koperasi Dasa Wisma.

Upayakan Kesejahteraan Petani, Pemkot Semarang Launching Badan Usaha Milik Petani

“Di Kota Semarang tercatat ada 21.000 kelompok Dasa Wisma. Kalau buat koperasi, misal semuanya ikut simpanan wajibnya Rp100 ribu itu artinya panjenengan sudah punya dana Rp200 miliar. Jika ini kemudian dikelola secara profesional dan proporsional untuk kesejahteraan anggotanya maka hal itu akan membantu memajukan Kota Semarang,” urainya.

Sementara Ketua Forum Silaturahmi Dasa Wisma Kota Semarang, Tia Hendrar Prihadi yang tidak lain adalah istri orang nomor satu di Kota Semarang itu menjelaskan dibentuknya forum ini mempunyai fungsi sebagai tempat untuk merekatkan komunitas Dasa Wisma yang ada di Kota Semarang kemudian diberi pengarahan-pengarahan supaya lebih mampu menjalankan kegiatan seperti apa yang telah diinstruksikan dari TP PKK pusat.

Pihaknya berharap agar setelah pembentukan ini ada kegiatan-kegiatan forum Dasa Wisma untuk peningkatan potensi yang ada di dalamnya.

“Bisa dalam bentuk pelatihan, sosialisasi atau kegiatan-kegiatan lain yang tujuannya adalah meningkatkan ekonomi keluarga tetapi juga ada dari sisi kesehatannya melalui PSN. Selain itu dapat membantu pencatatan kependudukan yang riil sehingga nantinya akan menjadi salah satu masukan Pemerintah Kota Semarang untuk menentukan kebijakan-kebijakan pembangunan,” kata Tia. (webtorial)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya