Deretan Fakta Ratusan Motor Gratis dari Wali Kota Semarang buat Lurah

Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu membagikan 177 motor ke Lurah
Sumber :
  • Instagram: memomedsos

Semarang, 5 Desember 2023 – Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, membagikan 177 sepeda motor baru kepada para lurah di Kota Semarang.

Viral Keributan Avsec dengan Penumpang di Bandara Soetta, Ini Penjelasan AP II

Penyerahan motor tersebut dilakukan pada upacara peringatan Hari Korpri ke-52, yang diadakan di Lapangan Simpang Lima Semarang beberapa hari lalu. Motor yang diberikan kepada para lurah adalah Honda Vario 160.

Wali Kota Semarang yang akrab disapa Mbak Ita itu mengatakan, bahwa pemberian motor tersebut bertujuan untuk menunjang kinerja para lurah dalam melayani masyarakat.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

“Lurah ini sudah lama motornya bobrok. Beberapa waktu lalu, camat dapat inventaris kendaraan. Kemarin ada anggaran APBD longgar, sehingga kami memberikan kendaraan bermotor,” ujarnya.

Berikut fakta-fakta seputar pembagian sepeda motor tersebut, hasil rangkuman dan penelusuran VIVA Otomotif:

Viral, Pria Gorontalo Temani Jenazah Ayah di Dalam Keranda untuk Terakhir Kali

1. Anggaran Rp8 miliar
Awalnya Mbak Ita menyatakan, bahwa pihaknya mengucurkan dana sebesar Rp8 miliar untuk membeli ratusan unit sepeda motor tersebut. Namun tak lama kemudian, jumlah tersebut diklarifikasi.

“Saya meluruskan, Rp8 miliar tidak hanya untuk sepeda motor tetapi juga kebutuhan rumah tangga lainnya, untuk pelayanan masyarakat,” tuturnya, dikutip dari laman Instagram @memomedsos.

2. Jenis motor yang dibagikan
Jenis sepeda motor yang dibagikan adalah Honda Vario 160 CBS, yang masuk ke dalam segmen skuter matik. Kuda besi ini dibekali mesin satu silinder berkapasitas 157cc, yang mampu menghasilkan tenaga 15 daya kuda dan torsi 13,8 Newton meter.

3. Harga per unit
Mbak Ita mengungkapkan, bahwa total anggaran yang disediakan untuk membeli sepeda motor tersebut mencapai Rp4.702.311.564 atau Rp26.566.732 per unit.

Dari penelusuran VIVA Otomotif di PT Astra International Tbk – Honda Sales Operation, diketahui bahwa banderol Vario 160 di wilayah Kota Semarang adalah Rp26.656.000 per unit.

4. Penyedia sepeda motor
Menurut pengakuan Mbak Ita, sepeda motor Honda Vario 160 CBS yang dibagikan ke lurah dibeli melalui katalog elektronik yang disediakan untuk pengadaan barang dan jasa pemerintah daerah.

Dari pantauan VIVA Otomotif di laman resmi Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, diketahui bahwa Astra International HSO menawarkan unit Honda Vario 160 CBS untuk wilayah Kota Semarang dengan harga Rp26.566.732 per unit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya