Suhu Gunung Semeru Nol Derajat, Embun Jadi Es

Embun es di daunan sekitar Danau Ranupani di Gunung Semeru.
Sumber :
  • Dokumentasi TNBTS

VIVA – Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru memperingatkan para pendaki untuk ekstra waspada. Sebab, suhu dingin sedang melanda Gunung Semeru. Bahkan mencapai nol derajat celsius.

Gunung Semeru Erupsi Lagi Lontarkan Abu Vulkanik Setinggi 800 Meter, Menurut Pos Pengamatan

TNBTS dalam tulisan resminya menyebutkan, hari ini, Kamis, 26 Juli 2018, cuaca ekstrem yang melanda menyebabkan terjadinya embun es alias embun upas atau frost.

Balai Besar menyebutkan, embun berupa kristal es ditemukan di sekitar area Danau Ranupani. Embun es ditemukan di dedaunan dan pohon-pohon serta bebatuan.

Helikopter yang Membawa Presiden Iran Kecelakaan, Proses Pencarian Dikerahkan

Mengingat suhu yang sangat dingin ini, TNBTS memperingatkan pendaki untuk waspada dan menyiapkan pelindung diri dari cuaca ekstrem, agar tidak terjadi hal yang tak dinginkan.

"Telah terjadi embun es atau embun upas atau frost di sekitar Danau Ranupani, suhu dingin mencapai 0° celsius. Cuaca akhir-akhir ini memang sedang ekstrem. Jadi, bagi calon pendaki diimbau agar siap fisik dan mental, wajib hukumnya untuk menyiapkan peralatan pendakian se-safety mungkin dan lengkap serta ikuti aturan yang ada," tulis TNBTS.

Gunung Semeru Erupsi 14 Kali dalam Sehari, Masyarakat Diimbau Tetap Siaga

TNBTS juga memperingatkan pendaki agar tidak melakukan pendakian hingga ke puncak Gunung Semeru atau Mahameru.

"Buatlah senyaman mungkin badanmu di alam bebas. Jangan lupa tujuan utama mendaki itu bukanlah puncak tetapi pulang dengan selamat," tulis TNBTS.

Pengendara motor tewas tergilas bus TransJakarta di Jalan S Parman, Grogol.

Jangan Sembarangan Menyalip Bus, Ini Cara Amannya

Terlihat, masih banyak pengguna mobil maupun motor yang masih sembarangan saat ingin menyalip kendaraan besar seperti bus dan truk di jalan raya.

img_title
VIVA.co.id
21 Mei 2024