BPBD Bantah Helikopter Jatuh saat Padamkan Kebakaran Hutan di Kalbar

Ilustrasi helikopter menjatuhkan bom air di kebakaran hutan.
Sumber :
  • Antara/ FB Anggoro

VIVA – Sebuah helikopter dikabarkan jatuh saat sedang melakukan pemadaman kebakaran lahan dan hutan di wilayah Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, Minggu, 29 Juli 2018.

Sahroni Minta Polri All Out usut Kasus Karhutla: Tak Mungkin Murni Faktor Cuaca

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalimantan Barat, TTA Nyarong, menepis kabar itu sekaligus mengklarifikasi bahwa yang terjadi sesungguhnya ialah insiden kecil akibat turbulensi. Namun, kondisi helikopter baik-baik saja dan semua kru selamat.

“Keadaan baik-baik saja. Masih tangguh menghalau asap agar tamu dari dan ke Supadio tetap bisa normal melalukan aktivitas tanpa asap,” kata Nyarong pada Minggu malam.

Malaysia Kirim Surat Soal Kabut Asap, Jokowi: Saya Sudah Perintahkan Panglima, Kapolri, dan Pemda

Dia menjelaskan kronologi kejadian helikopter Bell yang melakukan waterbombing atau menjatuhkan air dari ketinggian dengan helikopter di Kabupaten Ketapang. Saat heli itu mengambil air untuk waterbombing, posisi pesawat climbing atau ke atas dan terjadi perubahan temperatur udara yang mendadak sehingga pesawat turbulensi tiba-tiba.

Helikopter itu sempat terguncang namun segera dapat dikendalikan lagi. Peristiwa semacam itu, kata Nyarong, sebenarnya normal saja dalam dunia penerbangan, sebagaimana dikutip dari pernyataan sang pilot.

Kabut Asap Semakin Mengkhawatirkan, Pemerintah Malaysia Kirim Surat ke Indonesia

Situasi di sana tetap normal pada pesawat dan kru. “Pada saat terjadi kondisi tersebut, bucket mengenai pagar rumah, bukan rumah atau apa pun,” katanya.

Herbert Wigwe Kepala Eksekutif Bank terbesar di Nigeria

CEO Access Bank Group dari Nigeria, Tewas Sekeluarga Dalam Kecelakaan Helikopter

Kepala eksekutif bank terbesar di Nigeria, istri dan putranya termasuk di antara enam orang yang tewas dalam kecelakaan helikopter Mojave di perbatasan California, Nevade

img_title
VIVA.co.id
12 Februari 2024