BNPB: 543 Pendaki Gunung Rinjani Selamat

Petugas mengevakuasi pendaki Gunung Rinjani pasca gempa Lombok
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA – Sebanyak 543 pendaki yang berada di area Gunung Rinjani dievakuasi pasca gempa di Lombok berkekuatan 6,4 skala richter.

Kisah di Balik Tugu Abel Tasman, Viral Usai Erupsi Marapi: Tempat Jasad Yasirli Amri Ditemukan

Ratusan pendaki itu yang selamat berasal wisatawan asing sebanyak 189 orang, pendaki wisatawan lokal 173 orang, pemandu 31 orang, dan porter 150 orang.

"Semua korban yang berhasil dievakuasi dalam kondisi sehat dan selamat," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho kepada wartawan, Selasa 31 Juli 2018.

Update Korban Erupsi Marapi: 23 Pendaki Tewas, 16 Teridentifikasi

Namun Sutopo menyatakan, masih terdapat 6 orang dan 1 jenazah yang tertahan di Gunung Rinjani.

Satu orang jenazah tersebut ialah Muhammad Ainul Musksin, pendaki asal Makassar. "Yang meninggal akibat tertimpa material longsor di Gunung Rinjani saat terjadi gempa bumi," ujarnya.

5 Fakta Gunung Marapi di Sumbar Erupsi, 11 Pendaki Ditemukan Meninggal

Berdasarkan tim gabungan evakuasi, posisi pendaki yang masih dalam keadaan selamat berada di berada di Danau Segara Anak dengan memberi tanda terpal warna orange.

Hingga berita ini diturunkan, sejak gempa mengguncang wilayah itu sudah 1.090 orang selamat dan berhasil turun ke tempat lebih aman

Frengki Candra Kusuma

Frengki Candra Kusuma, Korban Erupsi Gunung Marapi yang Jasadnya Keluarkan Bau Aroma Wangi

Jenazah Frengki Candra Kusuma putra asal Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat tersebut akhirnya dipulangkan ke kampung halamannya di Abai, Kecamatan Sangir Batang Hari

img_title
VIVA.co.id
8 Desember 2023