Pengambilan Nomor Urut Capres Besok, Polri Bakal Jaga Ketat

Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Setyo Wasisto memberikan keterangan pers
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarok A

VIVA – Kepala Divisi Humas Mabes Polri Inspektur Jenderal Polisi Setyo Wasisto mengimbau, seluruh tim sukses kandidat calon presiden dan calon wakil presiden Pemilu 2019, agar menjaga ketertiban apabila menghadiri pengambilan nomor urut calon.

Calon Anggota KPU-Bawaslu Wajib Tes PCR 2 Kali Sebelum Uji Kelayakan

"Kita harus menjaga keamanan, ketertiban, semua kami jaga," kata Setyo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis, 20 September 2018.

Imbauan itu, menurut Setyo, mengingat timses masing-masing kubu akan datang dalam jumlah besar. Untuk menjaga keamanan, Polri akan melakukan penjagaan ketat terhadap massa dari pendukung pasangan calon. 

DPR Gelar Uji Kelayakan Calon Anggota KPU-Bawaslu pada 14-17 Februari

Polisi juga akan menambah personel di gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU). "Jangan sampai ada keributan, jangan sampai ada kerusakan, itu yang kami cegah," kata Setyo. 

Hari ini, KPU mengumumkan dan menetapkan pasangan capres dan cawapres peserta Pemilu 2019. Selanjutnya, KPU akan melakukan pengundian nomor urut calon presiden dan wakil presiden, Jumat, 21 September 2018. Tim sukses masing-masing pasangan diperbolehkan untuk menghadiri acara tersebut.

Eks Koruptor Kembali Berpolitik, KPU: Tak Ada Larangan
Furqan Jurdi Pegiat Hukum (dok.pribadi)

Relasi Kuasa, Sex, dan Abuse of Power di KPU

Tindakan demikian menciderai asas yang paling mendasar dalam pemilu, yaitu pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia jujur dan adil.

img_title
VIVA.co.id
27 Desember 2022