Jet Tempur F-16 Hentak Pawai Bendera HUT TNI di Pekanbaru

Pawai bendera HUT ke-73 TNI tiba di Pekanbaru, Sabtu, 29 September 2018
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Dedi Priatmojo

VIVA – Pawai bendera HUT ke-73 TNI tiba di Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Sabtu pagi, 29 September 2018. Bendera akan diarak keliling kota Pekanbaru.

Ribuan Orang Ikut Pawai Paskah di Jerman, Serukan Perdamaian untuk Ukraina dan Palestina

Kota Pekanbaru menjadi kota ketiga digelarnya pawai bendera dalam rangka peringatan HUT TNI ke-73. Pawai ini membawa bendera Sang Saka Merah Putih dan Pataka TNI, untuk dikibarkan pada puncak HUT TNI 5 Oktober mendatang di Merauke.

Pantauan VIVA, pawai bendera ini tiba di Lanud Pekanbaru pukul 07.30 WIB. Rombongan disambut upacara penerimaan bendera yang dipimpin Danlanud Roesmin Nurjadin, Marsekal Pertama Ronny Irianto Moningka.

Festival Cap Go Meh di Jakarta Meriah Banget, Ada Apa Aja?

Rombongan pawai dihentak dengan desingan jet tempur F-16 yang melakukan manuver udara di ata kota Pekanbaru. Beberapa kali jet tempur itu terbang rendah di atas perkantoran Pemprov Pekanbaru.

Pawai langsung diarak oleh sejumlah personel TNI dan Kepolisian dengan kendaraan bak terbuka menuju kediaman Gubernur Riau. Kedatangan pawai disambut Plt Gubernur Wan Thamrin Hasyim didampingi Danrem 031/WB, Danlanud, Kapolda dan beberapa petinggi Riau.

Sosok Ratu Kalinyamat, Pahlawan Nasional Wanita yang Gagah Berani Melawan Portugis

"Harapan saya (di HUT TNI) cuma satu, NKRI tetap utuh," kata Plt Gubernur Riau Wan Thamrin di pendopo Gubernur.

Danrem 031/WB Brigjen TNI Sonny Aprianto bersyukur antusiasme masyarakat yang tinggi atas kegiatan pawai bendera HUT TNI yang singgah di Pekanbaru. Warga tumpah ruah di Jalan Gajah Mada membentuk pagar betis menyambut rombongan.

"Pawai bendera akan diikuti alutsista TNI AD, ada dari Polri. Nanti akan ada konvoi Panser Tarantula, Panser Baracuda dari Kepolisian dan Panser BTC TNI AD," ujar Brigjen Sonny.

Selanjutnya, rombongan pawai bendera diarak keliling kota dikawal berbagai komunitas masyarakat dan berakhir di Lanud Pekanbaru untuk melanjutkan perjalanan ke kota berikutnya, Palembang.

Sebelumnya, Pawai Bendera atau flag relay ini dimulai Jumat 28 September 2018, dengan titik start titik Nol Kilometer Pulau Sabang dan akan finish di Merauke pada tanggal 4 Oktober 2018.

Sejumlah kota besar di Indonesia yang akan disinggahi seperti Banda Aceh, Pekanbaru, Palembang, Yogyakarta, Surabaya, Balikpapan, Manado, Kupang, Ambon, Sorong dan berakhir di Merauke. Di beberapa wilayah, rombongan pembawa Pawai Bendera ini akan mendapatkan pengawalan dari pesawat tempur TNI AU.

"Flag relay Sang Merah Putih keliling Indonesia bertujuan untuk membangkitkan jiwa nasionalisme dan untuk menunjukan bahwa antara TNI dan rakyat tidak ada pemisah," tulis Puspen TNI dalam keterangan resminya.

Bendera Merah Putih yang telah diarak keliling Indonesia itu nantinya akan dikibarkan pada saat puncak peringatan HUT TNI ke-73, yang akan dipusatkan di Merauke, Papua. Bertindak sebagai inspektur upacara didampingi Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan para kepala staf angkatan.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya