Penerbangan Asing Kirim Bantuan ke Palu, Izin Kemenlu Dulu

Korban gempa selamat berjalan di Bandara Mutiara Sis Aljufri untuk di evakuasi di Palu, Sulawesi Tengah
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

VIVA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akan berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri soal izin penerbangan pesawat asing ke Palu, Sulawesi Tengah. Izin tersebut bergantung pada Kemenlu.

Penumpang Transportasi Lebih dari 50 Persen Dilakukan Bertahap

Koordinasi ini dilakukan mengingat banyaknya tawaran bantuan asing yang akan dikirim ke daerah-daerah yang terdampak gempa 7,4 SR di Donggala, Jumat pekan lalu. 

"Berkaitan bantuan dalam negeri, saya juga berikan mandat direktur angkutan udara agar berkoordinasi dengan Kemenlu. Apabila Kemenlu memberikan izin kepada pesawat-pesawat tertentu untuk terbang ke Palu, maka kami akan mempersilakan itu," kata Budi di kantor Kemenhub, Jakarta, Senin, 1 Oktober 2018.

Jokowi Diyakini Sehat Usai Lakukan Tes Corona COVID-19

Dia menjelaskan, hal tersebut merupakan standart operational prosedure yang harus dipatuhi. Sehingga diharapkan, bantuan tersebut bisa tersalurkan dengan baik.  

"Tentunya penerbangan asing ini juga harus dikoordinasi dengan kementerian atau AU (Angkatan Udara)," kata Budi.

Menguak Jejak Menteri Perhubungan Sebelum Positif Corona

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo membuka akses bagi negara-negara asing untuk memberikan bantuan dalam bencana gempa dan tsunami di Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah.

Juru Bicara Presiden, Johan Budi, mengatakan Presiden Jokowi sudah meminta Menteri Luar Negeri Retno Marsudi untuk mengoordinasikan bantuan asing itu.

Namun, apakah bantuan itu sebagai tanda kalau bencana di Palu menjadi bencana nasional atau tidak, Johan tidak menjelaskan. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya