Polisi: Modus Teror Bakar Mobil di Jateng Nyaris Sama

Kejadian pembakaran mobil di Kecamatan Candisari Kota Semarang
Sumber :
  • VIVA/Dwi Royanto

VIVA – Kepolisian Daerah Jawa Tengah mengimbau agar warga mewaspadai kasus teror pembakaran mobil yang kini marak terjadi, dengan menggalakkan siskamling. 

Terkuak, Kaki AKP Novandi Patah Terjepit Dashboard Camry

Berdasarkan waktunya, sejumlah aksi teror tersebut dilakukan sekitar Subuh. "Untuk memperkecil peluang pelaku melakukan aksi, masyarakat giatkan kembali siskamling. Tingkatkan kewaspadaan," kata Kepala Bidang Humas Polda Jateng Komisaris Besar Polisi Agus Triatmaja, Jumat, 1 Februari 2019.

Melihat pola dan waktu aksinya, Agus membenarkan, belasan kejadian di tiga daerah seperti Kota Semarang, Kabupaten Kendal, dan Kabupaten Semarang hampir sama. Rata-rata aksi dilakukan pelaku saat Subuh. Paling banyak aksi terjadi di Kota Semarang, dengan total 13 kejadian selama Januari 2019.

Camry Terbakar di Senen yang Ditumpangi AKP Novandi Milik Fatimah

Kapolrestabes Semarang Komisaris Besar Polisi Abiyoso Seno Aji menyebutkan, modus pelaku membakar mobil warga di wilayahnya dengan memakai kain dan cairan minyak yang dimasukkan dalam botol, mirip seperti molotov. "Modusnya menggunakan kain, dimasukkan dalam botol plastik, pakai minyak tanah," kata Abiyoso, Kamis, 31 Januari 2019. 

Saat beraksi, pelaku diketahui datang menggunakan motor dan turun menghampiri target mobil yang diincar. Mobil tersebut lalu dibakar menggunakan media yang sudah dipersiapkan. 

Ungkap Mobil Terbakar yang Tewaskan AKP Novandi Bersama Wanita

Setidaknya, telah 21 kasus pembakaran kendaraan terjadi, yakni 14 kasus pembakaran di Kota dan Kabupaten Semarang, serta 7 kejadian di Kabupaten Kendal. Terbaru, kasus pembakaran juga terjadi di Genuk Karang Lo Tegalsari Semarang, Jumat, 1 Februari 2019 pagi. (art) 

Mobil Daihatsu Ayla terbakar di Tanah Baru, Depok

Mobil Daihatsu Ayla Terbakar di Tanjakan Depok, Pengemudi Selamat

Mobil Daihatsu Ayla merah tiba-tiba mengeluarkan asap dari bagian dashboardnya saat melintasi tanjakan jalan Raya Curug Agung, Beji Depok. Mobil terbakar

img_title
VIVA.co.id
17 Februari 2022