Pendaki Hilang di Gunung Bawakaraeng Sudah Sepekan, Pencarian Disetop

Tim SAR mencari seorang pendaki yang dilaporkan hilang di Gunung Bawakaraeng, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, pada Senin, 18 Februari 2019.
Sumber :
  • VIVA/Yasir

VIVA – Seorang pendaki yang dikabarkan tersesat di Gunung Bawakaraeng, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, sejak Minggu, 10 Februari 2019 belum ditemukan. Sepekan dicari, Basarnas pun menghentikan pencarian.

Frengki Candra Kusuma, Korban Erupsi Gunung Marapi yang Jasadnya Keluarkan Bau Aroma Wangi

Berdasarkan informasi yang diperoleh Basarnas Makassar, pendaki yang hilang bernama Gali Andika (20 tahun). Pemuda asal Kota Makassar yang tinggal di Mangga Tiga.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Basarnas Makassar, Hamsidar, menjelaskan bahwa Gali Andika dilaporkan tersesat setelah tertinggal dari rombongannya. Ia menduga Gali tersesat di antara pos lima dan enam ketika hendak mendaki puncak Bantimurung.

Kisah di Balik Tugu Abel Tasman, Viral Usai Erupsi Marapi: Tempat Jasad Yasirli Amri Ditemukan

Gali diketahui mendaki bersama dua rekannya, Saleh (21) dan Wira (20). Kedua pemuda itulah yang melaporkan bahwa rekannya tersesat.

"Mereka bertiga mendaki ke Gunung Bawakaraeng, dua orang yang selamat lalu melaporkan jika temannya hilang," kata Hamsidar saat dikonfirmasi VIVA, Senin, 18 Februari 2019.

Update Korban Erupsi Marapi: 23 Pendaki Tewas, 16 Teridentifikasi

Dibantu oleh potensi SAR, pencarian yang dilakukan Basarnas tidak membuahkan hasil selama sepekan. Sejumlah ruas sungai dan jalur pendakian yang dimungkinkan dilalui korban pun telah ditelusuri. Setelah berkoordinasi dengan pihak keluarga korban, mereka sepakat untuk menghentikan pencarian.

"Dari hasil kesepakatan tim SAR dan keluarga korban, operasi SAR Gunung Bawakaraeng Kabupaten Gowa, hari ketujuh ditutup dan dilanjutkan dengan Siaga Pemantauan," ujarnya. (art)

Pendaki menelusuri jalur Gunung Kembang via Blembem di Wonosobo, Jawa Tengah.

8 Risiko yang Sering Diabaikan saat Naik Gunung, Pendaki Wajib Tahu!

Keamanan dan keselamatan menjadi faktor utama ketika mendaki gunung. Mengingat aktivitas ini bukan olahraga biasa, banyak risiko yang bisa saja mengintai saat naik gunung

img_title
VIVA.co.id
29 April 2024