Dua Bocah di Brebes Tenggelam Saat Tubing, 1 Tewas

Basarnas mencari anak yang tenggelam di Brebes, Jawa Tengah.
Sumber :
  • VIVA/Dwi Royanto

VIVA – Dua orang anak di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah tenggelam di Sungai Pemali saat asyik bermain tubing. Seorang anak ditemukan meninggal dan satu anak lagi masih hilang. 

Hampir Separuh Kota-kota Besar di Tiongkok Terancam Tenggelam, Ini Penyebabnya

Kepala Basarnas Jateng, Aris Sofingi, mengungkapkan, kejadian tragis itu menimpa Anwar (10 tahun) dan Muhamad Rujito (10 tahun). Keduanya adalah warga Desa Kaliwlingi RT 03/03 Kecamatan Brebes itu tenggelam pada Jumat, 22 Februari 2019 sore. 

"Muhammad Rujito ditemukan tak lama setelah kejadian namun sudah dalam keadaan meninggal dunia, satu anak lagi masih kita cari," kata Aris, Sabtu, 23 Februari 2019. 

Ogah Pakai Pelampung, Bocah 6 Tahun di Cikarang Tewas Tenggelam di Kolam Renang

Kronologi awal kejadian tragis itu, Aris menjelaskan, bermula saat korban bersama lima temannya sedang bermain ban di Sungai Pemali atau tubing pada pukul 14.00 WIB. 

Arus sungai yang deras membuat anak-anak yang masih sekolah dasar ini hilang kendali. Korban Rujito kehilangan keseimbangan dan terjatuh dari ban. Ia sempat terbawa arus dan tenggelam.

Kemenhub: Enam Jenazah WNI Kecelakaan Kapal di Perairan Jepang Dipulangkan

"Mengetahui temannya terjatuh dan hanyut, Anwar berusaha menolong namun ia terbawa arus juga," ujarnya.

Peristiwa itu langsung dilaporkan kepada warga sekitar dan diteruskan ke tim Basarnas Pos SAR Cilacap. Upaya pencarian juga melibatkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Polsek, Koramil, PMI, dan keluarga. Pencarian dilakukan dengan menyisir wilayah kejadian ke utara menggunakan perahu karet hingga dua kilometer. 

"Semoga korban lekas ditemukan. Saat ini kondisi kedalaman Sungai Pemali sendiri kurang lebih empat meter dan lebar mencapai sepuluh meter. Cuaca sendiri cukup cerah," ujar Koordinator Basarnas Cilacap Mulwahyono di lokasi. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya