Logo timesindonesia

Peserta USBN dan UNBK di Kabupaten Probolinggo Capai 17 Ribu

Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo saat menggelar rapat koordinasi jelang pelaksanaan USBN dan UNBK.(FOTO: Istimewa)
Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo saat menggelar rapat koordinasi jelang pelaksanaan USBN dan UNBK.(FOTO: Istimewa)
Sumber :
  • timesindonesia

Berdasarkan data dari Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo, jumlah peserta yang mengikuti Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP/MTs negeri/swasta serta Paket B dan Paket C tahun 2019, mencapai belasan ribu peserta.

Pada tahun ini, jumlah peserta USBN dan UNBK di Kabupaten Probolinggo terdiri dari 9.783 siswa dari 215 lembaga SMP, 6.295 siswa dari 182 lembaga MTs serta 1.064 siswa dari 16 PKBM untuk Paket B/C.

Hal itu disampaikan Kepala Dispendik Kabupaten Probolinggo Dewi Korina melalui Kepala Bidang Pembinaan SMP Priyo Siswoyo, Kamis (28/3/2019). Ia mengungkapkan, pihaknya telah menggelar kegiatan rapat koordinasi untuk mempersiapkan kelancaran USBN dan UNBK tahun 2019 yang akan digelar pada bulan April 2019 mendatang, dengan berpedoman pada pos USBN dan UN.

“Segala sesuatunya termasuk persiapan jelan USBN dan UNBK tersebut sudah kami maksimalkan. Agar jalannya pelaksanaan USBN dan UNBK jenjang SMP/MTs di Kabupaten Probolinggo, berjalan lancar dan sukses,” kata pria yang akrab disapa Priyo itu.

Sementara Kasi Kurikulum dan Penilaian SMP Dispendik Kabupaten Probolinggo Sudarsono mengungkapkan, seluruh persiapan telah dilakukan sedini mungkin, agar pelaksanaannya bisa berjalan dengan baik dan lancar, serta mampu mengantisipasi kemungkinan terjadinya kendala pada waktu pelaksanaan USBN dan UNBK.

“Nantinya akan dibentuk help desk yang membidangi prokton agar kegiatan pelaksanaan USBN dan UNBK bisa terlaksana dengan baik. Para kepala sekolah di Kabupaten Probolinggo, juga harus memahami apa yang harus dilakukan demi meningkatkan motivasi prokton dalam menjalankan tugasnya, ” ungkap Sudarsono. (*)