Logo timesindonesia

Efektifitas Otonomi Daerah Bergantung pada Kualitas SDM, Ini Alasannya

Sekjen Kemendagri, Hadi Prabowo. (FOTO: Hasbullah/TIMES Indonesia).
Sekjen Kemendagri, Hadi Prabowo. (FOTO: Hasbullah/TIMES Indonesia).
Sumber :
  • timesindonesia

Sekjen Kemendagri RI, Hadi Prabowo mengatakan, efektifitas penyelenggaraan otonomi daerah sangat bergantung pada kualitas sumber daya manusia (SDM). Menurutnya, masa depan daerah bergantung pada SDM yang berdaya saing.

"Kita harus konsisten melihat pada Sumber Daya Manusia pada kapasitas, kompetensi, dan keahlian yang dimiliki untuk menentukan efektifitas pelaksanaan otonomi daerah," ujar Hadi dalam sidang disertasinya di Kampus IPDN, Jakarta, Selasa (30/4/2019).

Hadi menilai, kondisi SDM hari ini dipengaruhi oleh faktor kebijakan masa lalu dan politis. Di era katerbukaan sudah jelas dan terbuka tingkat kompetensi adalah yang utama. 

Untuk itu, diperlukan peningkatan kapasitas melalui bimbingan teknis (bimtek) dan manajemen talenta untuk melihat kesiapan SDM dalam menerima tanggungjawab ke depan. Bimtek penguatan kapastitas SDM lanjut dia, bisa dilakukan dengan cara pengamatan sejak dini.

Tak hanya itu, masih kata Sekjen Kemendagri RI, Hadi Prabowo, tingkat pendidikan juga harus diperhatikan agar penempatan ASN sesuai dengan kompetensinya. Meski demikian, monitoring penyelenggaraan otonomi daerah oleh pemerintah pusat di era keterbukaan tetap diperlukan untuk peningkatan kualitas SDM handal. (*)